Bagaimana Cara Gunakan Gunakan Kartu Kredit dengan Bijak?

Bagaimana Cara Gunakan Gunakan Kartu Kredit dengan Bijak?Ilustrasi kartu kredit. - Bisnis Indonesia/Abdullah Azzam
26 Agustus 2019 05:47 WIB Reni Lestari Ekbis Share :

Harianjogja.com, JAKARTAFirst jobber atau orang yang baru terjun ke dunia kerja, biasanya mulai menggunakan kartu kredit. Ada beberapa hal yang patut diperhatikan sebelum menggunakan kartu kredit agar tidak terjebak pada utang. 

Penasehat keuangan Melvin Mumpuni mengatakan hal pertama yang perlu diperhatikan adalah limit kartu kredit tersebut. Setiap penyedia kartu kredit menyediakan limit yang berbeda-beda yang akan menentukan penggunaan kredit setiap bulan. Kedua, perhatikan pula tanggal cetak tagihan dan tanggal pembayaran. "Kalau tanggal pembayarannya adalah waktu Anda harus membayar dan jika lebih dari itu, bisa kena denda," katanya.

Ketiga, perhatikan minimum pembayaran. Biasanya minimum pembayaran senilai 10% dari tagihan setiap bulan. Misalnya tagihan per bulan Rp1 juta, maka diperbolehkan untuk membayar Rp100.000 pada bulan berikutnya.

Namun demikian, Melvin sangat tidak menyarankan untuk membayar dalam jumlah yang minimum. Mindset yang perlu ditanamkan adalah, kartu kredit merupakan alat pembayaran, bukan alat untuk utang. "Kalau bayar minimum payment, berarti akan dikenai bunga kartu kredit," ujarnya.

Sumber : Bisnis Indonesia