Kanwil Ditjen Perbendaharaan DIY Beri Penghargaan

Kanwil Ditjen Perbendaharaan DIY Beri PenghargaanKegiatan Kanwil Ditjen Perbendaharaan DIY - Harian Jogja/Istimewa
29 Agustus 2019 15:07 WIB Bernadheta Dian Saraswati Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Kanwil Ditjen Perbendaharaan menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Anggaran Semester I TA 2019 serta Pemberian Penghargaan Laporan Keuangan Kementerian/ Lembaga (LKKL) Tingkat Wilayah dan Kinerja Pelaksanaan Anggaran Semester I tahun 2019 bertempat di Gedung Keuangan Negara Jogja, Rabu (21/8/2019).

Dalam sambutannya Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi DIY, Heru Pudyo Nugroho, menyampaikan rapat koordinasi tersebut dilaksanakan dalam rangka evaluasi atas kinerja pelaksanaan anggaran selama kurun Semester I TA 2019, memberikan rekomendasi perbaikan untuk periode berikutnya dan untuk membangun komitmen para Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) terkait perannya sebagai manager dalam pengelolaan keuangan negara agar kinerja pengelolaan anggaran dapat menjadi lebih baik.

Pada sesi paparan, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan menyampaikan bahwa kebijakan fiskal tahun 2020 akan mengangkat tema “APBN untuk Akselerasi Daya Saing melalui Inovasi dan Penguatan Kualitas Sumber Daya Manusia”. Arah kebijakan fiskal tersebut akan ditempuh dalam tiga strategi, yaitu mobilisasi pendapatan yang inovatif, belanja negara yang lebih efektif, dan pembiayaan yang kreatif.

Selanjutnya narasumber dari Direktorat Pelaksanaan Anggaran, Tommi Helmiwan menyampaikan pentingnya tata kelola yang baik dalam pelaksanaan anggaran. Pola penyerapan anggaran belanja K/L selama lima tahun terakhir terkonsentrasi pada Triwulan IV dengan kisaran pada rentang 30%-40% dari pagu DIPA.

Menurutnya tren tersebut semakin membaik pada 2018, dimana realisasi anggaran semakin proporsional dan penumpukkan pencairan di bulan Desember semakin berkurang.

Sesi paparan terakhir mengulas hasil Reviu Pelaksanaan Anggaran (RPA) Semester I tahun 2019 yang laksanakan oleh Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi DIY. Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran I, M.I. Sri Nuryati menyampaikan hasil review umum pelaksanaan anggaran. Antara lain adanya keterbatasan kuantitas dan kualitas SDM serta kurang berjalannya proses transfer knowledge bila terdapat pergantian pejabat/ staff pengelola keuangan, permasalahan perencanaan/ penganggaran berupa keterbatasan/ kesalahan alokasi, pembukaan blokir yang terlambat, keterlambatan revisi DIPA, reorganisasi, dan pengalihan anggaran/ refocusing oleh kantor pusat K/L, dan pada sisi kebijakan/ regulasi masih ditemui adanya keterlambatan juknis/pedoman umum.

Pada kesempatan tersebut juga diberikan penghargaan atas LKKL Tingkat Wilayah dan Kinerja Pelaksanaan Anggaran Semester I tahun 2019, selengkapnya sebagai berikut :

Satuan Kerja Berkinerja Terbaik Dalam Pelaksanaan Anggaran Periode Semester I TA 2019 Lingkup Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi DIY
3 Terbaik untuk Pagu Non Belanja Pegawai s.d Rp 5 Miliar :
1. Pengadilan Agama Wates
2. Pengadilan Agama Bantul
3. Kantor Kemenag Agama Kabupaten Gunung Kidul
3 Terbaik untuk Pagu Non Belanja Pegawai Antara Rp 5-15 Miliar:
1. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Yogyakarta
2. Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam
3. Kejaksaan Tinggi D.I Yogyakarta
3 Terbaik untuk Pagu Non Belanja Pegawai Di Atas Rp 15 Miliar:
1. Polres Kulon Progo
2. Balai Diklat Keuangan Yogyakarta
3. Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejakteraan Sosial (BBPPKS) Yogyakarta

Peringkat 5 Terbaik Hasil Penilaian Laporan Keuangan Kementerian/ Lembaga (LKKL) tingkat Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran Wilayah (UAPPA-W) di Lingkup Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi DIY

5 Terbaik Kategori Satker UAPPA-W KD/KP Kecil (2-3 Satker)
Stasiun Geofisika Yogyakarta
Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah V Yogyakarta
Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan D.I. Yogyakarta
Balai Litbang Penerapan Teknologi Permukiman
Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (B2P2KS) Yogyakarta

5 Terbaik Kategori Satker UAPPA-W KD/KP Sedang (4-6 Satker)
Kejaksaan Tinggi DIY
Pengadilan Tinggi Yogyakarta
Universitas Negeri Yogyakarta
Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak
KPU Provinsi D.I. Yogyakarta

5 Terbaik Kategori Satker UAPPA-W KD/KP Besar (7-57 Satker)
POLDA DIY
Kementerian Hukum dan HAM Yogyakarta
Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum
Kanwil Kementerian Agama D.I. Yogyakarta
Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi DIY