Advertisement

Telkomsel Cari Startup Berdampak Sosial

Kusnul Isti Qomah
Jum'at, 30 Agustus 2019 - 12:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Telkomsel Cari Startup Berdampak Sosial Acara The Next Dev Tallent Scouting Yogyakarta dibuka dengan sesi foto bersama antara dewan juri dan seluruh peserta di Hotel Harper Mangkubumi, Jogja, Kamis (29/8)./Harian Jogja - Kusnul Isti Qomah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Telkomsel kembali menggelar The NextDev Talent Scouting yang merupakan sebuah ajang pencarian early stage digital startup berdampak sosial di Indonesia. 

Manager Branch Telkomsel Yogyakarta Nur Hidayat  Dwi Santoso mengungkapkan pada tahun kelima pelaksanaannya ini The NextDev mengusung tema Social Impact and Go Beyond. Hal ini untuk menunjukkan komitmen Telkomsel dalam pembangunan ekosistem digital nasional, sekaligus tanggung jawab sosial perusahaan untuk melengkapi para startup dengan kapabilitas dan kompetensi bisnis digital yang dapat mendukung dampak sosial ekonomi positif yang tercipta bagi Indonesia.

Advertisement

“Sejak pertama kali diadakan, The NextDev sudah mengalami perkembangan dari tahun ke tahun," kata dia dalam pembukaan The Next Dev Tallent Scouting Yogyakarta di Hotel Harper Mangkubumi, Jogja, Kamis (29/8).

Ia menjelaskan bermula dari fokus content creating pada 2014, smart city pada 2015, smart rural pada 2016, core industry pada 2017, hingga passion+purpose pada 2018, kini The NextDev hadir dengan fokus ‘social impact & go beyond’ untuk menghadirkan solusi bisnis yang berdampak sosial positif di Indonesia. Telkomsel ingin membukakan akses dan mendorong munculnya karya dari startup yang digawangi pemuda di seluruh penjuru negeri.

"Tidak hanya di wilayah pusat, tetapi juga di daerah lokal. Harapannya, inisiatif dan terobosan dari seluruh negeri dapat Telkomsel bantu melalui The NextDev agar dapat berkontribusi secara tepat dan merata bagi masyarakat Indonesia, agar kita semua dapat terus bergerak maju," papar dia. 

Ia memaparkan total 270 social impact startup terbaik se-Indonesia mempresentasikan ide brilian mereka dalam Local Stage Pitch yang berlangsung pada periode April hingga Oktober 2019 di sembilan kota yakni Jakarta (3 Mei), Denpasar (23 Mei), Palembang (27 Juni), Makassar (18 Juli), Medan (8 Agustus), Jogja (29 Agustus), Pontianak (19 September), Semarang (10 Oktober), dan Surabaya (31 Oktober).

Sebanyak 30 startup terbaik dari sembilan kota akan memperoleh beberapa bentuk pengembangan startup berupa 5G yakni Grant Money (dana pengembangan untuk best of the best), Good Opportunities (kesempatan memikat investor dan memperluas manfaat), Great Mentors (menemui ahli startup dan menggali insight baru), Generate Exposures (kesempatan go international dan publikasi media), dan Golden Ticket to The NextDev Academy (tiket untuk ikut program pengembangan early stage startup komprehensif). "Namun, bentuk bantuan utama bagi startup terbaik akan diperebutkan di The NextDev Summit, November 2019," terang dia.

Dalam The NextDev Talent Scouting 2019, persyaratan utama bagi pendaftar adalah harus memiliki Minimum Viable Product (MVP) yang berdampak sosial positif untuk membantu kehidupan masyarakat di berbagai bidang. The NextDev Talent Scouting juga terbuka bagi Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 18 hingga 30 tahun.

Adapun para dewan juri yang terdiri dari Chief Product Officer KitaBisa.com Vikra Ijas, Founder Lifepal Benny Fajarai, dan Project Leader The NextDev Steve Saerang, memilih tiga hingga lima startup terbaik untuk melaju ke tahap National Stage Pitch di The NextDev Summit yang akan diadakan pada akhir November 2019.

17 Startup Terpilih Tahap Local Stage Pitch

  1. FishOn
  2. Clenovio
  3. LondryPOS
  4. Digitale
  5. Pedihelp.id
  6. Genwis
  7. Asamreges
  8. Mataku
  9. Sertiva
  10. KlanDesa
  11. Ketikaku.com
  12. Waktukita.com
  13. travling
  14. Trakteer.id
  15. TaniPanen
  16. Kedata
  17. Bikinen.com

*Sumber: Telkomsel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Usulan Formasi PPPK-CPNS 2024 Disetujui Pusat, Pemkab Bantul: Kami Tunggu Kepastian Alokasinya

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement