Advertisement

Youtube dan Netflix Bersaing, Siapakah Pemenangnya?

Leo Dwi Jatmiko
Senin, 30 September 2019 - 06:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
Youtube dan Netflix Bersaing, Siapakah Pemenangnya? Logo Youtube - Youtube

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Direktur Eksekutif ICT Insititute, Heru Sutadi, berpendapat aplikasi Youtube masih akan menjadi penopang lalu lintas data video selama beberapa tahun ke depan.  Meskipun saat ini hadir berbagai aplikasi sejenis.

Dia mengatakan sebagai aplikasi video gratis, dominasi Youtube sulit dikalahkan bahkan oleh aplikasi tayangan video seperti Netflix. “Trafik Netflix tumbuh, tapi karena berbayar dan konten yang tidak sebanyak Youtube maka butuh waktu tahunan untuk Netflix untuk kalahkan lalu lintas Youtube,” kata Heru kepada Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), Minggu (29/9).

Advertisement

Adapun jika Netflix ingin mengalahkan Youtube dalam waktu cepat, kata Heru, maka Netflix harus menggratiskan konten mereka dan mengundang semua pihak mengisi konten di sana. Heru mengatakan kerja sama aplikasi video merupakan  kerja sama simbiosisi mutualisma. Saling membutuhkan dan saling melengkapi. “Yang satu butuh infrastruktur, sementara satunya butuh konten,” kata Heru.

Berdasarkan survei APJII yang berjudul Penetrasi dan Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2018 diketahui Youtube menjadi aplikasi nomor tiga yang paling sering dikunjungi oleh masyarakat Indonesia.

Sebanyak 15,1% responden mengatakan lebih sering mengunjungi Youtube dibandingkan dengan Twitter yang hanya sebesar 1,7%.

Tidak hanya itu, laporan tersebut juga menyebutkan bahwa sebanyak 45,3% responden lebih sering menggunakan gawai untuk menonton video untuk hiburan, dibandingkan dengan main gim dan mendengar musik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dugaan Kekerasan Salah Satu SD di Banguntapan, Disdikpora Bantul: Sudah Dimediasi dan Selesai

Bantul
| Sabtu, 04 Mei 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement