Advertisement

PT KAI Daop 6 Perbarui Wajah 4 Pramek

Herlambang Jati Kusumo
Rabu, 16 Oktober 2019 - 08:22 WIB
Mediani Dyah Natalia
PT KAI Daop 6 Perbarui Wajah 4 Pramek Wajah baru KA Pramek, di stasiun Tugu, Selasa (15/10)./ Ist. - PT KAI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 akan menyegarkan wajah empat trainset atau armada KA lokal Pramek.

Empat trainset yang saat ini ada yang bermotif batik, berwarna kuning dan ada yang merah putih. Rencana warna akan diseragamkan menjadi warna putih.

Advertisement

“Perubahan warna sebetulnya bukan tujuan utama kami. Kami lebih mengedepankan aspek keandalan sarana dan kenyamanan pengguna jasa KA Pramek. Maka selain perbaikan eksterior seperti pengecatan, perbaikan komponen mesin dan alat bantu lainnya kami utamakan. Selain itu kami programkan sampai akhir tahun ini semua KA lokal termasuk KA Pramek harus ber-AC,” kata EVP PT KAI Daop 6, Eko Purwanto, Selasa (15/10).

Diketahui, jumlah pengguna jasa KA Pramek dari tahun ke tahun naik signifikan. Dari data yang ada dalam satu hari trayek perjalanan KA Pramek sebanyak 21 perjalanan melayani relasi Jogja – Solo dan Jogja-Kutoarjo pulang pergi (PP).

Adapun jumlah penumpang KA lokal Pramek periode 2016 sebanyak 2.973.891 penumpang, kemudian 2017 meningkat menjadi 3.650.144, 2018 kembali meningkat menjadi 3.940.671, dan pada Januari-Agustus 2019 sebanyak 2.537. 023 penumpang.

Diperkirakan jumlah peminat KA Komuter Pramek dari tahun ke tahun akan terus meningkat. Dengan jumlah empat armada pramek yang dioperasikan saat ini masih banyak penumpang yang tidak mendapatkan tiket sehingga harus rela menggunakan KA lain manakala jumlah penumpang KA Pramek sudah melebihi kuota yakni 100% duduk dan 50% berdiri.

Selain itu guna mendukung operasional Bandara baik Yogyakarta International Airport (YIA) maupun operasional Bandara International Adi Sumarmo, PT KAI sudah siap untuk mengoperasikan armada KA. PT KAI Daop 6 sudah mempersiapkan empat trainset KA untuk melayani kedua bandara tersebut masing masing dua trainset untuk melayani relasi Solo-Bandara Adi Sumarmo dan dua trainset  untuk memberikan pelayanan dari Jogja - Wojo  (Bandara YIA). “Setidaknya ada 10 perjalanan KA PP menuju Bandara YIA,” kata Eko. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LITERASI KESEHATAN: Warga Lansia Diminta Bijak Memilih Jenis Olahraga

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement