Adira Finance Hadirkan Festival Pesona Lokal

Adira Finance Hadirkan Festival Pesona Lokal Pengisi acara Festival Pesona Lokal 2019 tampil di Alun-Alun Utara Kota Jogja, Sabtu (19/10)./ Harian Jogja - Herlambang Jati Kusumo
21 Oktober 2019 20:47 WIB Herlambang Jati Kusumo Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Adira Finance menggelar Festival Pesona Lokal yang menghadirkan berbagai ragam budaya dan kearifan lokal Jogja dan Jawa Tengah, bertempat di Alun-Alun Utara Kota Jogja, Sabtu (19/10).

Festival Pesona Lokal Jogja 2019 dihadiri ribuan pengunjung untuk merasakan sensasi lokal mulai dari aneka kreasi kostum parade karnaval, tarian tradisional kontemporer, hingga kuliner dan produk khas daerah tersebut.

“Kami sangat senang bahwa pada hari ini kami dapat menggelar Festival Pesona Lokal untuk pertama kalinya di Jogja menampilkan kekayaan budaya dan kearifan lokal DIY. Semoga kegiatan yang bertajuk rasakan sensasi pesona lokal ini semakin menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya lokal dan juga peran aktif kita semua untuk turut serta mempromosikannya,” kata Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli, Sabtu (19/10).

Salah satu kegiatan pada gelaran kali ini yaitu parade karnaval budaya yang diikuti oleh lebih dari 700 peserta. Menampilkan atraksi kekayaan budaya Jogja dan Jawa Tengah, mulai dari baju adat, musik tradisional hingga pertunjukan kesenian khas.

Selain itu, juga ada lomba tari lokal kontemporer yang diikuti 100 peserta, lomba desain motif khas lokal kontemporer pada media desain topeng kayu dengan jumlah 30 peserta, dan kompetisi ala selebgram lokal yang bisa diikuti oleh seluruh pengunjung. Puncak acara diisi penampilan Langit Sore dan Siti Badriah.

Tidak hanya sejumlah perlombaan, para pengunjung juga disuguhkan dengan pasar rakyat yang dimeriahkan oleh booth-booth dari para sponsor serta puluhan UMKM terpilih dengan berbagai produk kuliner dan kerajinan khas Jogja yang inovatif dan kreatif. Area festival kuliner dan food truck menjajakan berbagai makanan termasuk makanan khas, tidak ketinggalan, terdapat pula area test drive untuk masyarakat yang ingin menjajal kendaraan roda dua dari berbagai merek.

Hadiah total ratusan juta pun disiapkan. Pemenang lomba karnaval budaya juara satu mendapatkan Rp15 juta, pemenang dua 2 Rp10 juta, pemenang tiga 3 Rp5 juta. Pemenang lomba tari kontemporer, juara utama Rp5 juta dan juara favorit Rp2 juta. Untuk para pemenang lomba desain motif khas lokal kontemporer masing-masing akan mendapatkan uang tunai, juara satu Rp3 juta, pemenang dua Rp2 juta dan pemenang tiga 3 Rp1 juta. Sementara untuk pemenang lomba kompetisi ala selebgram akan mendapatkan uang tunai Rp2 juta untuk pemenang utama dan Rp1 juta untuk pemenang favorit.