First Stringing Sutet 500 KV Berhasil Dilakukan

First Stringing Sutet 500 KV Berhasil DilakukanPeresmian first stringing kabel Sutet 500 kV Jalur Utara Batang Mandirancan Section 2, 19 Oktober 2019./ Ist - PLN UIP JBT II
24 Oktober 2019 06:22 WIB Kusnul Isti Qomah Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pada 19 Oktober 2019, PLN berhasil melakukan first stringing kabel Sutet 500 kV Jalur Utara Batang Mandirancan Section 2 untuk pertama kalinya.

 Bertempat di Desa Kajen, Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal, dipimpin oleh Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah Amir Rosidin beserta jajaran manajemen PLN meresmikan dimulainya pekerjaan penarikan kabel listrik tegangan ekstra tinggi ini secara simbolis melalui penekanan tombol alat stringing. Peresmian ini dilakukan bersama-sama dengan General Manager PLN UIP JBT II Eko Priantono Aviantoro dan Manager PLN UPPJJBT 2, Agus Pramana.

 Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah Amir Rosidin menjelaskan keberhasilan stringing ini merupakan langkah pertama untuk mencapai ratusan kilometer sirkuit selanjutnya. “Karena ini merupakan pekerjaan stringing yang pertama kali, semoga bisa menjadi trigger semangat kepada lima section proyek Sutet Jalur Utara lainnya untuk penyelesaian proyek tepat waktu dan mutu," jelas Amir dalam rilisnya, Rabu (23/10).

 Sutet 500 kV Jalur Utara Jawa terbagi menjadi lima bagian, dimulai dari Kabupaten Jepara dan membentang sepanjang 640 kilometer (km), hingga ke GI Mandirancan. First stringing ini dimulai dari tower T.380 Desa Kajen, Kecamatan Lebaksiu sampai ke tower T.400 di Desa Jatiwangi, Kecamatan Pagerbarang. Proyek pembangunan infrastruktur yang juga disebut backbone 500 kV Java Project ini di bawah kendali PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah II melalui Unit Pelaksana Proyek Jaringan Jawa Bagian Tengah 2.

 Sehari sebelumnya, jajaran PLN terlebih dahulu menggelar doa bersama di Balai Desa Kajen dengan jajaran pemerintah desa dan sejumlah anak yatim piatu. Warga desa menyambut baik proyek pembangunan ketenagalistrikan ini dan berharap dengan selesainya proyek Sutet Jalur Utara akan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, mengingkatkan kesejahteraan dan perekonomian.