Advertisement

Perusahaan Bitcoin Tawarkan Saham Rp5,6 Triliun

Hafiyyan
Selasa, 29 Oktober 2019 - 17:07 WIB
Budi Cahyana
Perusahaan Bitcoin Tawarkan Saham Rp5,6 Triliun Ilustrasi bitcoin - Reuters/Dado Ruvic

Advertisement

Harianjogja.com, BEIJING - Perusahaan hardware penambang bitcoin, Canaan Creative, mengajukan penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO) senilai US$400 juta (setara Rp5,6 triliun dengan kurs Rp14.000 per dolar AS) di Bursa Nasdaq, Amerika Serikat.

Dikutip dari Reuters, Selasa (29/10/2019), manajemen Canaan menyampaikan rencana aksi koprorasinya pada 28 Oktober 2019. Ini adalah upaya ketiga, setelah sebelumnya perusahaan batal menjalankan IPO di China dan Hong Kong.

Tiga tahun lalu, Canaan berencana IPO di China, dan pada 2018 mengajukan permohonan serupa ke Hong kong, Namun, kedua rencana itu gagal karena regulator masih meragukan model dan prospek bisnis perusahaan.

Perusahaan yang berbasis di Hangzhou ini menggambarkan dirinya sebagai perancang dan pembuat mesin bitcoin terbesar kedua di dunia. Dana dari IPO akan digunakan Canaan untuk riset penelitian buatan dan blockchain, serta melunasi utang.

Rencana aksi korporasi Canaan muncul tak lama setelah Presiden China Xi Jinping berkomentar tentang pengembangan teknologi blockchain. Hal ini membuat saham perusahaan blockhain meningkat, termasuk juga harga bitcoin.

Canaan yang berdiri pada 2013 merupakan perusahaan yang mendesain dan menjual sirkuit seri penambang bitcoin Avalon. Dalam IPO, perusahaan bekerja sama dengan sejumlah perbankan seperti Credit Suisse, Citigroup, China Renaissance, dan CMB International.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ratusan Juta Rupiah Dicairkan BPJS Ketenagakerjaan buat Pekerja di Kulonprogo

Kulonprogo
| Rabu, 01 Mei 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement