Advertisement

Grebeg UMKM DIY 2019 Berlangsung Meriah

Herlambang Jati Kusumo
Minggu, 17 November 2019 - 23:07 WIB
Budi Cahyana
Grebeg UMKM DIY 2019 Berlangsung Meriah Deputi Direktur BI DIY, Miyono (kanan) , Asisten Perekonomian Kota Jogja, Kadri Renggono (dua kanan) membuka Festival Tari Garapan Gaya Jogja, dalam rangkaian Grebeg UMKM DIY 2019, Minggu (17/11/2019). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAGrebeg UMKM DIY 2019 yang diselenggarakan Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan DIY berlangsung meriah dari pembukaan hingga hari terakhir penutupan stan UMKM pada Minggu (17/11/2019).

"Dari hari ke hari pelaksanaan Grebeg UMKM DIY 2019 berlangsung meriah. Hal ini tidak terlepas dari pemilihan lokasi yang representatif. Nantinya juga ditutup dengan seminar [Senin, 18/11/2019]," kata Deputi Direktur BI DIY, Miyono, Minggu.

Advertisement

Miyono mengatakanUMKM yang mengisi event kali ini merupakan UMKM yang telah terseleksi dan dapat dikatakan sukses dan berpotensi untuk merambah pasar ekspor.

Memasuki tahun ketiga ini, pihaknya terus melakukan evaluasi agar pelaksanaannya semakin membaik. Diharapkan pelaksanaan tahun mendatang juga semakin baik. "Ajang showcase produk binaan BI ini yang telah dikurasi dan layak ditampilkan dan siap diekspor," katanya.

Bukan tanpa alasan BI mengarahkan ke produk yang siap ekspor. Saat ini perekonomian Indonesia butuh bantuan besar pada sektor UMKM, karena komoditas ekspor batubara, kelapa sawit, nikel dan lain sebagainya yang menjadi andalan ekspor saat ini sedang lesus. "Diharapkan produk-produk UMKM itu dapat menggantikan," katanya.

Selain itu, UMKM juga memasuki transformasi digital.

Asisten Perekonomian Kota Jogja, Kadri Renggono mengungkapkan tema yang diangkat oleh BI dalam Grebeg UMKM 2019 sangat relevan dengan kondisi saat ini, dimana dunia tanpa batas.

"Semoga Grebeg UMKM ini memberi manfaat untuk UMKM dan masyarakat di DIY. Evaluasi pasti diperlukan untuk semakin meningkatkan kualitas," katanya.

Pada hari ketiga pelaksanaan Grebeg UMKM 2019, diadakan Festival Tari Garapan Jogja. Pada Senin (18/11/2019) juga akan diadakan seminar nasional yang menutup rangkaian acara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sultan Soal Jalan Godean Rusak: Kalau Anggaran Belum Ada Tambal Dulu

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement