AREA MANAGER ACE HARDWARE : Pimpinan Harus Jadi Role Model

AREA MANAGER ACE HARDWARE : Pimpinan Harus Jadi Role ModelArea Manager PT Ace Hardware Indonesia Tbk Jawa Tengah Aries Haryo ketika ditemui di sela-sela Media Gathering di La Luna Resort, Sleman, Senin (18/11)./ Harian Jogja - Kusnul Isti Qomah
19 November 2019 12:47 WIB Kusnul Isti Qomah Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Menjadi seorang pemimpin harus bisa memberikan contoh teladan kepada karyawan lainnya. Prinsip itu pula yang diterapkan Area Manager PT Ace Hardware Indonesia Tbk Jawa Tengah Aries Haryo ketika mengelola timnya.

Area Manager PT Ace Hardware Indonesia Tbk Jawa Tengah Aries Haryo membawahi 16 store manager Ace Hardware yang tersebar di wilayah Jawa Tengah, DIY, dan sebagian wilayah Jawa Barat yakni Cirebon. "Saya katakan ke mereka pimpinan itu adalah role model, contoh dan teladan. Jadi, perilaku kita menjadi contoh model untuk bawahan. Bagaimana kita bisa memberikan contoh kepada tim dan bagaimana kita kerja untuk mengajak mereka," kata dia kepada Harian Jogja ketika ditemui di sela-sela Media Gathering Grup Kawan Lama Retail di La Luna Resort, Sleman, Senin (18/11).

Ia mengatakan kerja sama tim menjadi kunci kesuksesan suatu usaha. Kerja sama tim yang solid menjadi napas di setiap Ace Hardware. "Artinya apa yang kam,i sampaikan ke tim bisa diterjemahkan dengan bekerja bersama-sama. Kerja sama tim ini sangat efektif," kata dia.

Aries mulai bergabung dengan Ace Hardware Indonesia pada 2000. Ia memulai karier sebagai supervisor. Perkembangan kariernya mengikuti perkembangan toko. Ketika ia bergabung jumlah toko baru lima outlet. "Setelah jadi supervisor, saya jadi personnel on duty, kemudian asisten store manager, store manager dan kemudian area manager," kata dia.

Ia mengawali karier dengan bertugas di Jakarta. Sebelum bertugas di Jawa Tengah, ia pernah bertugas di Bandung, Balikpapan, Bali. "Saya jadi Area Manager Jateng mulai 2010. Area manager tugasnya lebih ke pengembangan wilayah dan store-nya," kata dia.

Ia melihat area Jawa Tengah yang ia tangani memiliki keunikan. Kondisi pasar sangat sesuai dengan produk yang disediakan Ace Hardware. "Contohnya apa tren yang terjadi saat ini. Properti berkembang meskipun ekonomi melambat. Pertumbuhan masih ada. Kami didik teman-teman di Jateng enggak usah jauh-jauh cari Ace E sampai Jakarta karena di Jateng juga ada. Market kami cocok," ujar dia.

Ia mengaku maraknya bisnis daring tak membuat surut bisnis luring. Hal ini justru jadi peluang untuk Ace Hardware berkembang. "Berbelanja dengan tatap muka akan lebih mempunyai hubungan yang erat. Konsumen bisa langsung mengetahui kualitas dan pelayanan yang baik," kata dia.

Pelayanan yang diberikan juga sangat fleksibel sehingga konsumen merasa nyaman. Ia berharap Ace Hardware semakin maju dan semakin dikenal masyarakat.