Sambut Bandara, PT KAI Buka 24 Perjalanan Kereta Api Sepanjang Hari dari Stasiun Wojo

Sambut Bandara, PT KAI Buka 24 Perjalanan Kereta Api Sepanjang Hari dari Stasiun WojoLogo PT KAI - Ist
21 November 2019 16:27 WIB Media Digital Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Jogja merupakan destinasi wisata setelah Bali. Berbagai objek wisata ada di Kota Jogja dan Jawa Tengah termasuk Keraton Ngayogyakarta, Candi Prambanan, Malioboro, Candi Borobudur, Kawasan Ratu Boko serta Wisata Pantai dan Dataran Tinggi Dieng.

Tepat kiranya jika pemerintah membangun fasilitas pendukung berupa bandara yang terkoneksi dengan moda transportasi kereta api untuk mendukung perekonomian masyarakat, sekaligus mempermudah wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke Kota Jogja.

Terdapat dua bandara internasional yang saat ini telah dibangun pemerintah pada awal 2020, sudah beroperasi maksimal yakni Bandara Internasional Adi Soemarmo dan Yogyakarta Internasional Airport (YIA), karena kedua bandara internasional tersebut berada dalam wilayah PT Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP 6 YK.

Manajer Humas PT KAI (Persero) DAOP 6 YK, Eko Budiyanto, dalam rilisnya mengatakan PT KAI (Persero) DAOP 6 YK harus mempersiapkan dengan baik, sarana maupun prasarana untuk mendukung progres pemerintah terkait pembangunan kedua bandara internasional yang terkoneksi dengan moda transportasi darat terutama kereta api.

"PT KAI (Persero) DAOP 6 YK telah siap untuk mengoperasikan kereta api bandara termasuk fasilitas berupa stasiun KA Bandara maupun ruang tunggu KA Bandara," katanya, Kamis (21/11/2019).

Untuk sarana, PT KAI (Persero) DAOP 6 YK sudah memepersiapkan 4 rangkaian KA Bandara yang akan digunakan untuk akses menuju bandara, baik Bandara Internasional Adi Soemarmo dan YIA.

Selain itu ada beberapa KA yang diberhentikan di Stasiun Wojo untuk memfasilitasi penumpang yang akan menuju bandara. Mulai tanggal 1 Desember 2019 nanti PT KAI (Persero) DAOP 6 YK mulai mengoperasikan KA Bandara, ada 24 perjalanan pulang-pergi kereta api dari Stasiun Wojo yang jam perjalanannya bervariasi dari pagi, siang, petang, malam, hingga dini hari.

Untuk akses menuju Bandara internasional Adi Soemarmo PT KAI (Persero) DAOP 6 YK menyiapkan 30 perjalanan pulang-pergi KA Bandara dengan keberangkatan dari Stasiun Solo Balapan.

Untuk prasarana PT KAI (Persero) DAOP 6 YK sudah menyediakan Stasiun KA Bandara di Solo Balapan. Dengan fasilitas yang sekelas dengan bandara internasional, salah satunya termasuk Stasiun Kadipiro yang juga memberikan pelayanan KA Bandara.

"Selain operasional KA Bandara, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya yang akan menuju ke bandara, kami memberhentikan beberapa KA Lokal seperti Prambanan Express dan Joglosemarkerto di Stasiun Wojo sehingga masyarakat memiliki banyak pilihan untuk menuju YIA," jelas Eko.

EVP DAOP 6 YK mengatakan bahwa Bandara Internasional Adi Soemarmo dan YIA merupakan proyek nasional, kedua bandara tersebut berada di wilayah DAOP 6 YK.
"Menjadi keharusan kami untuk mendukung sukses pembangunan kedua KA bandara tersebut. PT KAI (Persero) DAOP 6 YK sudah mempersiapkan operasional KA Bandara termasuk SDM supaya pelayanan tetap terjaga dan tidak mengecewakan," katanya.