Jumlah Penumpang Angkutan Nataru Masih Landai

Jumlah Penumpang Angkutan Nataru Masih LandaiIlustrasi. - Bisnis Indonesia/Felix Jody Kinarwan
30 November 2019 07:07 WIB Herlambang Jati Kusumo Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), kenaikan jumlah penumpang atau reservasi angkutan umum masih landai.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto mengungkapkan saat ini belum dapat berkomentar banyak terkait dengan persiapan liburan Nataru. Namun jika melihat tahun-tahun sebelumnya dipastikan akan ada peningkatan penumpang. Antisipasi lonjakan penumpang pun akan dilakukan. “Secara detail belum dapat menginformasikan. Tetapi kebiasaan dimulai 19 Desember sampai awal 5 Januari. Selebihnya kami upayakan ada kereta api tambahan pastinya,” kata Eko, Kamis (28/11).

Dia memperkirakan kondisi tahun ini hampir sama dengan tahun lalu. Sebagian kereta api (KA) tambahan juga sudah dirilis. Meski begitu untuk, reservasi tiket saat ini belum banyak. “Pemesanan tiket saat ini bisa 30 hari sebelumnya, jadi calon penumpang bisa merencanakan. Saat ini masih tersedia banyak,” ujarnya.

Selain itu persiapan teknis lainnya juga akan dilakukan seperti menambah jumlah penjaga, terutama daerah-daerah rawan.  

Penumpang Bus

Hal senada juga diungkapkan, Pengelola administrasi Terminal Giwangan, Aji Fajar mengungkapkan saat ini penumpang di terminal Giwangan masih stabil, belum ada lonjakan penumpang. Rencana persiapan libur Nataru pun saat ini masih menunggu arahan.

“Rencana Nataru kami belum ada arahan, terkait dengan persiapan. Kemungkinan awal Desember. Untuk perbaikan fasilitas juga belum, karena masih menunggu permasalahan penyerahan aset dari Pemda ke Kementerian Perhubungan,” katanya.