Gopay Dampingi Pengusaha Mikro supaya Melek Teknologi

Gopay Dampingi Pengusaha Mikro supaya Melek TeknologiHead Regional Corporate Affairs GOJEK Alfianto Domy Aji mendemonstrasikan proses donasi dengan menggunakan aplikasi Gopay dalam perkenalan Gopay for Good ke masyarakat Jogja di Hotel Jayakarta, Sleman, Kamis (20/6). / Harian Jogja - Desi Suryanto
05 Desember 2019 06:22 WIB Herlambang Jati Kusumo Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Gopay menargetkan dapat melatih ribuan rekan usaha mikronya di seluruh Indonesia, lewat Forum Pedagang Baik, yang dirancang khusus untuk pengusaha mikro guna membantu mengembangkan dan mengelola usaha dengan teknologi.

“Penyusunan materi yang dihadirkan untuk para pengusaha mikro dirancang berdasarkan pengalaman Gojek beserta ekosistemnya dalam memberdayakan jutaan mitra driver dan ratusan ribu mitra UMKM. Lewat pengalaman GoPay membantu 380.000 mitra UMKM dalam mengembangkan bisnisnya, kami sangat memahami pentingnya pendampingan langsung serta wadah yang guyub bagi para pelaku UMKM untuk belajar,” kata Gopay Regional Head Jawa Barat & Jawa Tengah, Restu Haryadi, Rabu (4/12).

Menurut Restu, mengenalkan metode transaksi nontunai saja tidak cukup, tapi harus diiringi dengan pemahaman mendalam mengenai teknologi digital agar dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan potensi bisnis.  Saat ini, GoPay telah menggandeng hampir 8.000 rekan usaha di Jogja di mana hampir 96% di antaranya merupakan pengusaha UMKM. GoPay menargetkan untuk dapat melatih seluruh rekan UMKM.

Pelaksanaan Forum Pedagang Baik terinspirasi dari Bengkel Belajar Mitra (BBM) yang dihadirkan oleh Gojek untuk para mitra driver, pelatihan Gojek Wirausaha yang diberikan kepada ribuan pelaku UMKM di puluhan kota, dan Modul SiTaTa yang dapat diakses oleh jutaan anggota Arisan Mapan.

Inisiatif Gopay untuk melaksanakan Forum Pedagang Baik ini mendapatkan sambutan positif dari Peneliti dan Pengajar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM), Gumilang Aryo Sahadewo.

Ia mengatakan bahwa efektivitas akses ke layanan keuangan digital terhadap profitabilitas UMKM bisa ditingkatkan dengan pelatihan dan pendampingan bisnis seperti yang dihadirkan lewat Forum Pedagang Baik. Menurutnya, pendampingan dapat membantu pelaku UMKM dalam mengadopsi teknologi dan layanan keuangan digital, memberikan informasi tentang permintaan konsumen, serta mengenalkan teknologi produksi baru untuk meningkatkan produktivitas UMKM. 

“Forum Pedagang Baik adalah jembatan antara UMKM dengan inovasi dan produk solusi yang telah tersedia di pasar seperti GoFood, GoPay, dan lainnya. Selain mengenalkan ke produk dan solusi tersebut, Forum Pedagang Baik memberikan pelatihan untuk penggunaan layanan tersebut, tips untuk memajukan usaha memanfaatkan layanan tersebut, mendengarkan masukan UMKM untuk pengembangan fitur GoPay yang mengakomodasi proses bisnis UMKM, dan memberi pelatihan manajemen keuangan. Forum Pedagang Baik juga merupakan platform untuk kolaborasi usaha dan berbagi informasi antar UMKM dan antara Gopay dan UMKM,” ujar Gumilang.