Advertisement

I Can Enterprise Berdayakan Survivor Cancer hingga Penyandang Disabilitas dengan Cara Ini

Herlambang Jati Kusumo
Senin, 09 Desember 2019 - 07:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
I Can Enterprise Berdayakan Survivor Cancer hingga Penyandang Disabilitas dengan Cara Ini Founder I Can Enterprise, B. Diah Listianingsih berbicara di sela-sela workshop Ecoprint di Hotel Canvinton Jogja, Minggu (8/12). / Harian Jogja - Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—I Can Enterprise memberikan pelatihan Ecoprint kepada penyintas gagal ginjal, survivor cancer, lupus dan penyandang disabilitas di Hotel Canvinton Jogja, Minggu (8/12).

Founder I Can Enterprise, B. Diah Listianingsih mengatakan I Can Enterprise berfokus memberikan pengembangan soft skill sebagai pemantik menghasilkan karya, yang dapat memiliki nilai jual. Untuk Ecoprint ini dikatakannya relatif baru dan belum banyak yang membuat. Nilai jual secara ekonomi pun tinggi.

Advertisement

Listi mengatakan pelatihan ini gratis dan berkelanjutan . Dalam artian produk yang sudah dihasilkan akan dibantu untuk memasarkan di marketplace, dan jika ada proyek pesanan akan ditawarkan kepada mereka.

“Mungkin kami [penyintas gagal ginjal, survivor cancer, lupus dan penyandang disabilitas] punya keterbatasan, tahu banget posisi dialami. Di tengah masyarakat diabaikan, apalagi tidak bekerja. Makannya saya pengin mengajak mereka, kami tidak semenyedihkan orang kira. Kita bisa asal bergandeng tangan. Harapan teman-teman semangat, kita punya harapan,” ucap perempuan yang biasa disapa dengan nama Listi ini.

Ke depan pelatihan tidak hanya mengenai ecoprint. Listi juga ingin mengadakan pelatihan lain seperti pembuatan produk kreatif, fotografi, videografi, dan berbagai pelatihan lainnya.

Founder lainnya, Yuyun Tri Mulyana bersyukur saat sudah ada industri yang mau bekerja sama, bersedia menampun produk yang sudah dihasilkan. “Ini langkah kecil kami kumpul berkegiatan menghasilkan produk dan diserap pasar,” ucapnya.

Penyintas gagal ginjal Alfredo dan Andang, mengaku keduanya menyambut kegiatan ini. Sebagai alternatif menambah wawasan dan mereka berharap kegiatan ini berkelanjutan sehingga dapat menghasilkan karya.

Hal senada juga diungkapkan, penyandang disabilitas, Winarsih. Menurut dia, dengan kegiatan ini dapat menambah pengetahuan serta ketermapilan. “Harapan tetap berlanjut, tidak berhenti disini,” katanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Jaringan Listrik di Kota Jogja Hari Ini, Cek Lokasi Terdampak di Sini

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement