Mau Liburan Lancar Jaya? Ini Masukan dari Asita

Mau Liburan Lancar Jaya? Ini Masukan dari AsitaWisatawan di Candi Prambanan. - Harian Jogja/Gigih M Hanafi
11 Desember 2019 06:27 WIB Kusnul Isti Qomah Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Wisatawan diimbau mempersiapkan rencana perjalanan jauh-jauh hari agar saat liburan bisa berjalan lancar.

Ketua Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) atau Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Udhi Sudiyanto mengatakan November dan Desember bukan masa high season. Namun, wisata di DIY masih ramai karena tertolong banyaknya pertemuan dan gathering yang digelar di DIY.

"Untuk high season biasanya Juli dan Agustus, artinya November dan Desember bukan termasuk high season. Meskipun demikian untuk wisnus (wisatawan nusantara) kami tertolong oleh banyaknya meeting ataupun gathering yang diadakan di DIY," kata dia, Selasa (10/12).

Ia mengungkapkan hal ini memberikan dampak positif. Sementara untuk wisatawan mancanegara, pada akhir tahun mereka biasanya lebih suka menghabiskan waktu bersama keluarga di negaranya.

Ia mengatakan untuk wisatawan yang ingin berakhir tahun di DIY, tentunya DIY memiliki objek yang bagus untuk dikunjungi baik itu wisata alam maupun budaya. Spot-spot baru wisata pun banyak bermunculan di DIY. 

Di samping itu, banyak desa wisata yang menawarkan pengalaman perdesaan yang unik yang mungkin tidak ada di daerah mereka. "Kami sarankan untuk akhir tahun hendaknya wisatawan memesan paket jauh-jauh hari sebelumnya. Untuk menghindari fully booked," ujar dia.