SIMPLY HAPPY WEDDING SHOES: Membantu Pengantin Mendapatkan Sepatu Impian

SIMPLY HAPPY WEDDING SHOES: Membantu Pengantin Mendapatkan Sepatu ImpianZella Hapna Hapsari/ Ist - Zella Hapna Hapsari
14 Desember 2019 09:07 WIB Kusnul Isti Qomah Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Seringkali calon pengantin kebingungan mencari sepatu yang cocok untuk dikenakan di hari pernikahan. Kadang, mereka hanya pasrah dengan pilihan yang disediakan dari perias. Sepatu dari Simply Happy Wedding Shoes yang dikembangkan Zella Hapna Hapsari hadir memberikan pilihan sepatu pengantin custom yang bisa disesuaikan dengan selera masing-masing pengantin.

Zella memulai usaha membuat sepatu custom untuk pernikahan ataupun wisuda sejak April 2019. Setelah sempat berkarier sebagai karyawan swasta dan kuliah S2, mendekati masa penulisan tesis ia terpikirkan untuk membuka usaha sendiri. Awalnya ia bingung akan membuat usaha apa. "Lalu ada teman yang menawarkan kalau tantenya punya workshop sepatu tetapi batik. Lalu, saya pikir-pikir sepatu apa ya? Kemudian saya coba-coba saja sepatu nikah dan di Magelang waktu itu belum ada," ujar dia ketika dihubungi Harian Jogja, Jumat (13/12).

Setelah memetakan ceruk pasar sepatu yang bisa digarap, ia kemudian meneliti mengenai sepatu untuk pengantin perempuan. Dia berselancar di dunia maya dan media sosial. Ia menemukan kebanyakan desain sepatu pernikahan sangat mewah, ngejreng, mahal dan butuh waktu pengerjaan yang lama.

Kemudian terbesit ide untuk membuat sepatu pengantin yang lebih sederhana, tidak terlalu ngejreng, dengan harga terjangkau dan yang paling penting masih bisa dipakai lagi setelah digunakan untuk upacara pernikahan. "Intinya saya mau bikin sepatu nikah kalau sudah dipakai tetap bisa dipakai lagi. Enggak ngejreng banget dan bisa dipakai di banyak acara. Biar enggak mubazir kalau cuma Dipakai satu kali," jelas dia.  

Sepatu dari Simply Happy Wedding Shoes./ Ist/Zella Hapna Hapsari

Ready Stock

Ia mengatakan ternyata peminat dari sepatu nikah sederhana cukup banyak. Pelanggan malah suka yang warnanya netral, soft, model sederhana dan bisa dipakai lagi. Dalam memproduksi sepatu tersebut ia menggandeng perajin sepatu di Magelang. "Saya nyari-nyari dan ngulik-ngulik desain sederhana untuk membuat ready stok karena kebutuhan untuk foto promosi juga. Saya masih belajar juga soal sepatu dan bahan-bahan kainnya seperti tile, brokat, dan bahan lainnya," jelas dia.

Ada beberapa jenis sepatu yang disediakan yakni flat shoes, heels, wedges dan sneaker. Menurutnya, saat ini sedang tren pernikahan santai yang memakai sneaker. Selain ready stock, ia juga ada pula sepatu custom yang bisa disesuaikan dengan keinginan pelanggan. Range harganya pun berbeda-beda.

Untuk harga sepatu ready stock mulai dari Rp235.000 hingga Rp300.000. Untuk sepatu custom harganya berbeda tergantung dari jenisnya. Untuk flat shoes custom harga mulai dari Rp309.000. Untuk heels dengan tinggi 2-8 sentimeter harganya Rp349.000, untuk heels di atas 8 sentimeter dan ada platform Rp410.000 serta untuk sneaker Rp395.000. "Harga tersebut di luar tambahan aksesori misalnya bros dan renda. Tergantung jenis rendanya," kata dia.

Ia menjelaskan promosi dan pemasaran dilakukan melalui Instagram yaitu @simplyhappyweddingshoes dan marketplace. Konsumennya masih di dari wilayah Indonesia. Sampai saat ini pun ia sudah menjual lebih dari 100 pasang sepatu.

Ia menjelaskan untuk pembuatan sepatu custom dibutuhkan waktu 10-15 hari. Jika ingin memesan jauh-jauh hari sebelum hari H terutama saat musim liburan Natal dan Tahun Baru serta Lebaran. "Mereka bisa minta dengan desain sendiri, warna. Untuk ukuran akan saya beri panduan dan ada size card-nya. Ukuran ini harus dipastikan agar nyaman di kaki pelanggan. Ukuran paling besar yang ada 43," jelas dia.  Sepatu dari Simply Happy Wedding Shoes./ Ist/Zella Hapna Hapsari

Ia mengungkapkan jenis sepatu yang paling laris adalah sepatu berhak dengan angkle strap. Untuk warna, yang dominan masih putih dan rose gold. Keperluan pembelian pun dominan untuk pernikahan, seserahan, tetapi juga ada yang digunakan untuk keperlua kondangan sehari-hari. "Saya seneng lihat kainnya yang cantik kalau dibuat sepatu. Saya senang bisa bikin orang lain senang dan membantu orang menikah," ujar dia.

Ia berharap usaha yang ia rintis semakin maju dan berkembang. Ia pun berharap bisa berkolaborasi dengan berbaga pihak seperti marketplace ataupun pihak lainnya.