Harga Tiket Pesawat Murah saat Januari Wajar, Ini Alasannya

Harga Tiket Pesawat Murah saat Januari Wajar, Ini AlasannyaIlustrasi penerbangan - Alamy
15 Januari 2020 08:17 WIB Kusnul Isti Qomah Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) DIY berharap penurunan harga tiket pesawat di awal 2020 dapat berlangsung lama alias stabil.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengklaim harga tiket pesawat turun dan sudah tidak setinggi ketika Natal dan Tahun Baru pada Senin (13/1). Menanggapi hal ini, Ketua Asita DIY Udhi Sudiyanto membenarkan ada beberapa harga tiket pesawat yang turun. Namun, penurunan tersebut karena saat ini memasuki low season. "Karena lagi sepi jadi tidak bisa dibandingkan dengan liburan akhir tahun, karena itu kan peak season," ujar dia, Selasa (14/1).

Ia mengungkapkan harga tiket sangat memengaruhi animo wisatawan untuk menggunakan pesawat. Ketika harga sangat tinggi, maka animo akan turun dan wisatawan memilih moda transportasi lain yang tersedia. Selain itu, ada pula yang mengurungkan niatnya untuk berlibur ke DIY.

Karena itu, Asita mengharapkan adanya harga tiket pesawat yang stabil dan bersahabat. Kalaupun akan ada kenaikan dari harga sebelumnya, kenaikannya diharapkan tidak terlalu drastis. "Karena, kalau naik drastis animo naik pesawat berkurang. Wisatawan jadi berkurang. Nah, kalau sudah begitu, semuanya merugi kan?" ujar dia.

Meski demikian, ia menyambut baik turunnya harga tiket pesawat dan diharapkan mampu mendongkrak animo wisatawan yang akan berkunjung ke DIY. Ia berharap bisnis pariwisata di DIY semakin berkembang tahun ini. "Kami optimistis industri wisata di DIY akan semakin maju dan berkembang apalagi banyak pilihan destinasi wisata," kata dia.