Advertisement

Rute ke China Ditutup Sementara, Kemenhub Urus Diskon Tiket Penerbangan

Rinaldi Mohammad Azka
Senin, 10 Februari 2020 - 23:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Rute ke China Ditutup Sementara, Kemenhub Urus Diskon Tiket Penerbangan Pesawat Garuda Indonesia mempersiapkan keberangkatan di apron Termial 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten Selasa (13/2/2018). (Bisnis - Felix Jody Kinarwan)).

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menegaskan detail pembahasan diskon tarif penerbangan dilakukan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Kebijakan ini akibat dari pengalihan rute penerbangan ke China sebagai antisipasi Virus Corona.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwidjono Moegiarso menuturkan sudah menyampaikan salah satu upaya pengalihan dari penutupan rute penerbangan dari dan ke China adalah pemberian tiket murah. "Salah satu upaya adalah dengan pemberian diskon tarif, untuk pembahasan detailnya, Kemenhub yang harus mengoordinasikannya," ungkapnya saat Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) hubungi, Senin (10/2).

Advertisement

Dia mengatakan jika terkait dengan Kementerian BUMN baru pihaknya turut mengoordinasikannya. Maksudnya, menegaskan jika ada koordinasi kurang baik dengan BUMN-BUMN yang terlibat, baru Kemenko Perekonomian turun tangan.

Pasalnya, sejauh ini maskapai pelat merah seperti PT Garuda Indonesia Tbk (Persero) (GIAA) sangat responsif menghadapi isu ini. GIAA baru saja merilis tarif promo untuk tiga destinasi yakni Denpasar, Manado, dan Batam hingga 30%.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menuturkan tarif promo tersebut dilakukan selama periode tiga hari dimulai pada Senin 10 Februari 2020 hingga 12 Februari 2020. "Kami keluarkan selama tiga hari dulu untuk melihat respons pasar. Selanjutnya kami evaluasi lagi," katanya.

Berdasarkan pantauan JIBI melalui laman resmi Garuda, harga tiket dari Jakarta menuju Denpasar untuk keberangkatan pada Senin (10/2) terdapat eco-promo seharga Rp1,2 juta. Tarif tersebut berlaku untuk penerbangan malam pukul 21.45 WIB, sedangkan tiket untuk jam penerbangan lainnya masih berada di kisaran Rp1,7 juta.

Harga tiket dari Jakarta tujuan Batam untuk penerbangan Senin (10/2) masih berada pada level Rp1,7 juta. Namun, untuk keberangkatan pada Selasa (11/2) pukul 06.20 WIB, 14.10 WIB, dan 16.20 WIB ditawarkan mulai dari Rp1,2 juta dibandingkan dengan tarif normal pada Rp1,7 juta. Tarif ini turun sebesar 28%. Tiket Jakarta tujuan Manado masih bertengger Rp3 juta belum ada diskon yang diberikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lulusan Pertanahan Disebut AHY Harus Tahu Perkembangan Teknologi

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement