Ramayana Ballet Purawisata Ikuti Konferensi Dunia

Ramayana Ballet Purawisata Ikuti Konferensi DuniaPimpinan Ramayana Ballet Purawisata, Dahanan (empat kanan) berfoto bersama saat acara 2nd World Ramayana Conference di India.
21 Februari 2020 12:07 WIB Herlambang Jati Kusumo Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA — Ramayana Ballet Purawisata turut serta dalam ajang internasional 2nd World Ramayana Conference di India, pada Minggu (26/1/2020) – Rabu (29/1/2020).

Pimpinan Ramayana Ballet Purawisata, Dahanan mengatakan ini merupakan kali kedua Ramayana Ballet Purawisata mengikuti ajang internasional di India. Dimana perhelatan pertama bertajuk persatuan India dan dirasa memiliki nilai yang sama dengan Ramayana Ballet Purawisata unity in diversity.

“Tahun ini kami ke India lagi, perhelatan ini biasanya dihadiri para cendekia Universitas seluruh dunia. Ramayana Ballet Purawisata diundang karena punya konsentrasi dan kepedulian terhadap Ramayana ini,” ucap Dahanan, Rabu (6/2/2020).

Ia mengatakan, bahwa orang India mengapresiasi, karena orang di luar India dan bukan dari agama Hindu dapat melestarikan Ramayana itu. “Yang menyatukan kita itu adalah kebersamaan pikir flosofi kehidupan. Ramayana dipandang segi kehidupan merupakan kedamaian dan persatuan. Indonesia dianggap sebagai negara yang perkembangan bagus. Meski heterogen namun tetap bersatu,” katanya.

Pada kesempatan itu, Dahanan membawa tiga orang peran Rama, Shinta dan Rahwana. Dipilihnya tiga tersebut bukan tanpa alasan. Rama menjadi simbol kebijaksanaan, Shinta simbol kesuburan dan Rahwana merupakan sosok pahlawan yang mempertahankan rakyatnya.

Dia berharap setelah gelaran ini Ramayana Ballet Purawisata dapat menjadi pemersatu bangsa dari kota, provinsi atau etnik manapun. “Kemudian misi menembus dunia, setelah menembus dunia ini kami tumbuh dan dikenal, banyak wisatawan yang mampir ke Jogja, merasa belum lengkap kalau belum ke Purawisata jelas untuk kemakmuran masyarakat juga, bayar pajak menambah devisa,” ujarnya.

Saat ini sendiri kunjungan di Ramayana Ballet Purawisata dinilai baik. Pihaknya juga selalu berupaya meberikan keramahan dan kejujuran dalam pelayanan pada pengunjung. Tidak hanya itu, Ramayana Ballet Purawisata juga menggandeng anak muda dari sekolah.