Advertisement

Tenang, Ketahanan Energi Listrik Aman

Yanita Petriella
Selasa, 17 Maret 2020 - 20:09 WIB
Mediani Dyah Natalia
Tenang, Ketahanan Energi Listrik Aman Ilustrasi jaringan PLN - Bisnis/Paulus Tandi Bone

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kondisi ketahanan energi listrik diperkirakan aman selama masa darurat bencana nasional akibat merebaknya Virus Corona (Covid-19). Pasokan energi juga dilaporkan tak mengalami gangguan.

Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform (IESR) Fabby Tumiwa mengatakan ketahanan listrik sejauh ini tidak ada masalah. Menurutnya, dari sisi pasokan masih cukup, pasokan energi primer juga tidak terganggu, demikian juga dari sisi sistem kelistrikan sejauh ini cukup aman. "Kalau ada gangguan, sifatnya insidental," ujarnya kepada Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), Selasa (17/3).

Advertisement

Meskipun demikian, PT PLN (persero) harus memastikan operator pembangkit listrik dan penyalur beban dalam keadaan sehat. Fasilitas-fasilitas pembangkit dan penyaluran beban serta distribusi harus menerapkan protocol pengendalian risiko infeksi Corona.

"Kalau operator-nya sakit, walaupun pembangkit dalam kondisi baik, tentunya operasi bisa terganggu," katanya.

Fabby memperkirakan konsumsi listrik pada bulan Maret ini tak akan signifikan kenaikannya untuk pengguna rumah tangga. Sementara itu, akan ada penurunan konsumsi listrik di segmen bisnis dan sosial serta publik. "Sebab aktivitas sejumlah kantor pemerintah dan sekolah serta universtas diliburkan, sehingga konsumsi listrik dari segmen ini pasti menurun," tuturnya.

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengatakan diberlakukannya standar tinggi pada operasi penyediaan listrik, mulai dari penyediaan energi primer agar tetap bisa menjaga pasokan energi primernya, pembangkitan memastikan unit pembangkit beroperasi untuk memenuhi kebutuhan listrik, pengaturan beban, transmisi, dan distribusi yang tentunya harus tetap menjaga pelayanan pasokan listrik ke pelanggan termasuk melaksanakan pekerjaan pemeliharan sesuai jadwal yang telah direncanakan.

"PLN tetap menjaga pasokan energi listrik," ucapnya.

Pihaknya memastikan pelayanan ketenagalistrikan yang disediakan PLN kepada pelanggan dan masyarakat luas tidak akan berkurang atau menurun akibat merebaknya wabah Covid-19 ini.

"Di tengah situasi seperti sekarang ini, ketersediaan listrik di rumah-rumah merupakan kebutuhan vital yang tidak boleh mengalami gangguan, untuk itu kami akan pantau dan pastikan semua berjalan lancar dan pasokan listrik kepada warga tetap aman," ujar Zulkifli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement