Antisipasi Penyebaran Virus Corona di SPBU, Ini yang Dilakukan Pertamina

Antisipasi Penyebaran Virus Corona di SPBU, Ini yang Dilakukan PertaminaPetugas SPBU Pertamina menggunakan masker dan sarunga tangan saat melayani konsumen. - Istimewa / Pertamina
18 Maret 2020 10:57 WIB David Eka Issetiabudi Ekbis Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Upaya antisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19 dilakukan oleh berbagai fasilitas umum. Pertamina melakukan langkah-langkah mengantisipasi penyebaran virus di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menjelaskan upaya-upaya yang dilakukan agar masyarakat tetap merasa aman dan nyaman saat membeli BBM di SPBU Pertamina.

“Seperti kita tahu, SPBU merupakan tempat publik dimana banyak orang yang lalu Lalang. Sehingga kami menerapkan prosedur tambahan, bukan saja untuk mengantisipasi penyebaran virus, namun juga menjaga operator SPBU sebagai garda depan kami,” katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (18/3/2020).

Menurutnya, petugas SPBU juga menjadi bagian penting dari perusahaan yang bertugas melayani langsung masyarakat. Fajriyah pun menjelaskan langkah-langkah preventif mengatasi penyebaran virus corona, seperti petugas SPBU menggunakan masker dan menjaga jarak dengan konsumen sekitar 1,5 meter, menyediakan hand sanitizer atau alcohol lebih dari 60 persen di setiap pulau pompa ataupun area dengan tingkat interaksi yang tinggi.

Selain itu, untuk SPBU yang menyediakan layanan self service, SPBU menyediakan petugas yang rutin membersihkan nozzle dengan disinfektan, serta konsumen dihimbau untuk menggunakan metode pembayaran cashless.

Fajriyah menambahkan, upaya-upaya ini dilakukan bukan saja di SPBU namun juga di jaringan distribusi Pertamina lainnya seperti agen dan pangkalan LPG.

“Pertamina telah menginstruksikan seluruh SPBU dan agen/pangkalan resmi untuk melakukan langkah-langkah seperti di atas,” katanya.

Sumber : Bisnis.com