Angkutan Gratis untuk Motor Dibatalkan

Angkutan Gratis untuk Motor DibatalkanIlustrasi motor. - Freepik
12 April 2020 20:27 WIB Newswire Ekbis Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pemerintah terus berupaya untuk menghilangkan program-program mudik gratis yang setiap tahunnya diselenggarakan demi mencegah penyebaran Covid-19. Teranyar PT Kereta Api Persero (KAI) membatalkan program angkutan gratis bagi sepeda motor untuk program mudik tahun ini.

"Angkutan motor gratis yang setiap tahun kita lakukan dalam program mudik kita batalkan demi mencegah penyebaran Covid-19," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Perkeretaapian Zulmaefendi dalam konfrensi pers melalui video teleconference di Jakarta, Minggu (12/4/2020).

Padahal, kata Zulmaefendi, setiap tahunnya ribuan motor diberangkatkan KAI untuk membantu masyarakat agar tak mudik dengan sepeda motor. Tapi dengan adanya wabah ini program tersebut harus dibatalkan.

Sebelumnya, KAI tidak melakukan penambahan armada kereta api untuk angkutan mudik. Sejumlah perusahaan-perusahaan BUMN juga membatalkan acara mudik gratis.

Angkutan motor gratis ini merupakan kerjasama antara Ditjen Perkeretaapian dengan PT Kereta Api Indonesia. Tujuannya untuk mengurangi risiko kecelakaan saat mudik berlangsung.

Program ini menyediakan fasilitas untuk 19.000 motor. Pendaftaran sudah dibuka secara online sejak tanggal 26 Februari hingga 14 Mei 2020 melalui website mudikgratis.dephub.go.id.

Sumber : Suara.com