Advertisement

Jual Mobil Lewat Online Bisa Jadi Pilihan

Newswire
Jum'at, 17 April 2020 - 11:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jual Mobil Lewat Online Bisa Jadi Pilihan Deretan mobil baru di terminal mobil, di Pelabuhan Tanjung Priok. - JIBI/Nurul Hidayat

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pandemi Corona penyebab Covid-19 turut memberikan imbas pada pelaku industri otomotif. Salah satu tantangan bagi mereka selama pandemi ini berlangsung adalah bagaimana tetap mampu menggugah daya beli pelanggan di tengah situasi yang serba tidak pasti.

Menurut pengamat otomotif Yannes Martinus Pasaribu saat dihubungi ANTARA, Kamis (16/4/2020), salah satu alternatif untuk dapat menggaet calon pembeli adalah dengan memanfaatkan layanan penjualan secara daring (online).

Advertisement

"Produsen sudah tidak bisa bikin apa-apa, kecuali bagian lini terakhir seperti distributor, para diler, sales industri mulai mendekati marketing online, persis seperti yang dibikin Elon Musk [Tesla], dia jualannya online tanpa diler," kata Yannes.

Lebih lanjut, ia menilai perubahan model penjualan yang mulanya dilakukan secara langsung ke bentuk online, dirasa cukup efektif untuk menggugah keinginan calon pembeli.

"Dengan kasus Covid-19 ini, semua yang dilakukan secara online kurvanya naik. Semua orang mencari layanan online yang bisa dipakai dan aman," kata akademisi Institut Teknologi Bandung itu.

"Secara online bisa menjadi pilihan (produsen) dan strateginya harus diperkuat, sehingga keinginannya memiliki mobil baru terpelihara," ujarnya melanjutkan.

Yannes lalu memberikan contoh peluncuran pembuat mobil asal Inggris, Morris Garage MG ZS, yang beberapa waktu lalu dirilis di Indonesia tak lama setelah wabah Covid-19 mulai merebak.

"Contoh sekarang force buyer adalah MG untuk segera menjalani strategi onlinenya, sehingga nanti kalau kondisi ini sudah normal lagi, kendaraannya sudah dibooking dulu sehingga ada ikatan order dari customer ke diler," jelas dia.

Beberapa waktu terakhir, para pelaku industri otomotif memilih untuk merilis dan memasarkan produknya secara virtual atau daring.

Perusahaan mobil listrik asal Amerika Serikat Tesla Inc membuka diler virtualnya di Tmall, platform jual-beli daring terkemuka di China yang dikelola Alibaba Group.

Dengan ruang pamer (showroom) yang ditutup selama pandemi Covid-19, Fiat Chrysler dan General Motors Co juga membuat program yang memungkinkan pelanggan membeli kendaraan secara daring.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Angka Kecelakaan Lalu Lintas di Kulonprogo Menurun 26 Persen Selama Libur Lebaran 2024

Kulonprogo
| Kamis, 18 April 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement