Kreatif! Kotakkadonikky, Jadi Solusi Kado Unik

Kreatif! Kotakkadonikky, Jadi Solusi Kado UnikLatifah Nirbita Andini/ Ist - Kotakkadonikky
18 April 2020 10:22 WIB Kusnul Isti Qomah Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Latifah Nirbita Andini yang akrab disapa Tifah merintis usaha kado unik antimainstream. Usaha yang dia beri nama Kotakkadonikky tersebut berawal dari iseng.

Tifah mengatakan usaha yang ia jalani ini berawal dari iseng-iseng. Ketika duduk di kelas XI SMK, ia mengikuti praktik kerja lapangan di sebuah instansi pemerintah. Waktu itu yakni September 2017 anak pembimbing PKL akan menikah. Ia pun ingin memberikan kado yang istiwewa.

"Waktu itu karena bujet pelajar, jadi bingung mau ngado apa. Kalau harga murah, takutnya enggak terpakai. Kemudian iseng-iseng bikin desain ucapan selamat. Kok hasilnya lumayan dan kalau dijadikan kado kok pantas. Karena baru awal-awal, jadi saya nyetak beberapa kali agar pas," kata dia ketika dihubungi Harian Jogja, Jumat (17/4).

Kemudian ada kakak sepupu yang melihat hasil karyanya. Hasil buatannya itu pun mendapatkan pujian. Kebetulan, si kakak sepupu juga ingin memberikan kado teman yang akan menikah. "Saya langsung dapat pesanan dari kakak sepupu. Tetapi, saya belum berani jualan. Masih iseng-iseng saja," kata dia.

Setelah itu ia bergabung dalam grup jual beli di Facebook. Pada suatu saat, di dalam grup tersebut ada yang menanyakan kado pernikahan yang unik. Ia pun menawarkan jasa membuat kado tersebut. Ia melihat rupanya kado unik tersebut diminati dan ada pasar sendiri.

Pada awalnya, ia berjualan melalui Facebook. Kemudian ia merambah ke Instagram @kotakkadonikky. "Jadi, awalnya iseng-iseng itu pas PKL pada September 2017. Mulai jualan pada Desember 2018. Memang cukup lama. Tetapi saya mulai fokus jualan kado unik ini setelah Lebaran 2019," kata dia.

Ia pun semakin semangat berkarya karena semakin banyak peminat. Rata-rata konsumen memesan kado untuk momen pernikahan, wisuda, ulang tahun, Hari Ibu, ucapan Natal, hingga biodata bayi.

Harga pun beragam berdasarkan ukuran bingkai. Untuk 10 R (20x25 sentimeter) harga normal Rp79.000; 10R Jumbo (25x30 sentimeter) Rp109.000; queen size (31x46 sentimeter) Rp159.000; 3D pop up M (20x20 sentimeter) Rp169.000 dan 3D pop up L (20x30) Rp189.000. "Sekarang sedang ada promo. April ini masih ada promo. Untuk 10R jadi Rp75.000; 10R jumbo Rp89.000; queen size Rp129.000, 3D pop up M Rp129.000 dan 3D pop up L Rp149.000," kata dia..

Para pelanggan pun berasal dari area DIY dan luar DIY seperti Magelang, Klaten, Jakarta, hingga Palembang. Ketika akan order, pelanggan akan mendapatkan daftar harga dan menentukan desain mana yang akan dipilih. Kotakkadonikky jug menerima desain custom.

"Untuk waktu pengerjaan untuk satu buah kado dua sampai tiga hari dari fix desain. Saya juga menawarkan servis seperti jasa tiga kali revisi desain dengan gratis. Saya juga menyarankan pengiriman dengan kemasan kayu. Ketika dikirim dengan kemasan kayu, saya beri garansi. Kalau sampai tujuan pecah atau rusak, saya siap ganti," kata dia.

Dalam setiap bulan rata-rata ia mendapatkan pesanan 40 hingga 50 buah. Semua itu ia kerjakan sendiri. Ia berharap usahanya semakin besar dan bisa memberdayakan masyarakat sekitar. "Saya ingin Kotakkadonikky bisa jadi solusi kado unik antimainstream untuk milenial dengan harga terjangkau," kata dia.