TPID DIY Jamin Stok Pangan Aman

TPID DIY Jamin Stok Pangan AmanPembeli memilih jeruk di Pasar Beringharjo, Jogja, yang dipasangi pembatas agar konsumen tetap jaga jarak, Rabu (22/4)./Harian Jogja - Kusnul Isti Qomah\\n\\n
23 April 2020 07:07 WIB Kusnul Isti Qomah Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—TPID DIY menjamin keamanan stok bahan bangan menjelang Ramadan. 

Ketua TPID DIY Hilman Tisnawan memastikan stok bahan pangan di DIY mencukupi. "Semua komoditas kami lihat aman. Ini berkat kita yang sama-sama aware mengenai kepentingan ini," kata dia ketika ditemui di Aula Disperindag Kota Jogja, Lantai III Pasar Beringharjo, Jogja, Rabu (22/4) di sela-sela penyerahan bantuan bahan pangan dari Bank Indonesia kepada pedagang pelataran Malioboro.

Pria yang juga merupakan Kepala Perwakilan BI DIY ini juga memantau tingkat konsumsi di masyarakat yang menurun. Penurunan ini juga disebabkan stok bahan pangan yang relatif lebih banyak.

"Kalau kita lihat pola musimannya, pada Maret-April itu musim panen. Memang ada beberapa komoditas yang panen. Kami enggak terlalu khawatir dengan stok untuk Ramadan. Kami sekarang ingin diskusikan bagaimana harga-harga di tingkat petani jangan jatuh. Kami ingin konsumen bagus harganya, tetapi petani juga jangan rugi," kata dia.

Karena itu, pihaknya mendorong perdagangan daring melalui e-commerce untuk menambah channel pemasaran. "Para petani bisa salurkan ke pedagang. Pedagang bisa salurkan lagi ke konsumen. Pedagang bisa salurkan itu apabila memang ada yang beli," kata dia.

Kepala Kanwil Perum Bulog DIY Juaheni menjelaskan untuk menghadapi Ramadan dan Lebaran serta penanganan wabah Covid–19, Bulog DIY telah berupaya memenuhi kebutuhan pangan pokok untuk masyarakat. “Dalam upaya meredam gejolak harga gula yang saat ini melambung tinggi Perum Bulog telah berkoordinasi dengan Disperindag DIY," kata dia.

Masyarakat dapat mencukupi kebutuhan gula pasir melalui gerai binaan Bulog melalui Segoro Amarto, Toko Pangan Kita (TPK), dan Rumah Pangan Kita (RPK). Masyarakat wilayah DIY dapat memperoleh gula pasir dengan harga eceran tertinggi (HET) Rp12.500/kilogram (kg) di tingkat RPK maupun TPK.

Bulog juga menawarkan kepada masyarakat solusi belanja kebutuhan pokok secara online melalui iPangananDotCom yang dapat diakses melalui aplikasi belanja Shopee sehingga cukup klik dari gadget, pesanan seperti gula pasir akan diantar sampai rumah masing-masing. "Langkah ini juga mendukung gerakan #dirumahsaja dan mewujudkan #socialdistancing. Semoga dengan ini kebutuhan pangan tercukupi dan dapat dinikmati masyarakat," ujar dia.