Pastikan Listrik Andal Jelang Ramadan 1441 H, PLN Gelar Apel Pasukan & Peralatan

Pastikan Listrik Andal Jelang Ramadan 1441 H, PLN Gelar Apel Pasukan & PeralatanPT PLN (Persero) UP3 - Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Yogyakarta, menggelar "Apel Gelar Pasukan dan Peralatan" mulai tanggal 20 sampai dengan 23 April 2020 di masing/masing Unit Layanan Pelanggan.
24 April 2020 00:27 WIB Bernadheta Dian Saraswati Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Guna mendukung keandalan pasokan energi listrik dan pelayanan pada masyarakat saat bulan suci Ramadan 1441 H, PT PLN (Persero) UP3/ Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Yogyakarta, menggelar “Apel Gelar Pasukan dan Peralatan” mulai tanggal 20 sampai dengan 23 April 2020 di masing-masing Unit Layanan Pelanggan.

“Meskipun kondisi sekarang masih belum stabil terkait penyebaran Covid 19, PLN memastikan pelayanan ketenagalistrikan yang disediakan PLN kepada pelanggan dan masyarakat luas tidak akan berkurang atau menurun," kata Manager PLN UP3 Yogyakarta Eric Rossi Pryo Nugroho dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Kamis (23/4/2020).  

Karena bulan Ramadan masih musim penghujan, dengan kondisi cuaca yang ekstrem, PLN terus mengimbau masyarakat untuk selalu berhati-hati terhadap bahaya listrik. Karena, kondisi cuaca seperti saat ini rentan bahaya listrik baik yang disebabkan angin dan pohon tumbang.

“Kami mengingatkan masyarakat apabila melihat potensi bahaya listrik, hendaknya tidak menangani sendiri dan segera melaporkan ke PLN melalui Contact Center 123 agar segera dapat ditangani oleh petugas. Jika aliran listrik masih menyala, PLN akan memadamkan sementara sebagai tindakan antisipatif terhadap bahaya. " tegas Eric.

Disampaikan juga, apabila terdapat gangguan segera ditangani, tidak ada pekerjaan rutin atau  recovery gangguan yang berlangsung lebih dari tiga jam.

Semua unsur yang terlibat dalam kesiapan keandalan pasokan energi listrik menjadi peserta pada Apel tersebut. PT PLN (Persero) UP3 Yogyakarta menyiagakan antara lain 348 personil pelayanan keandalan dengan 31 unit mobil dan 2 unit motor, 7 personil Tim PDKB dengan 1 mobil PDKB-Sentuh Langsung dan 1 mobil PDKB berjarak, serta 7 Tim Vendor Preventif – Korektif dgn 7 unit crane. yang siap 24 jam apabila terjadi hal yang perlu penanganan, seperti gangguan atau kondisi darurat.

Pengecekan yang dilakukan pada apel ini meliputi kesiapan personil, kondisi peralatan kerja yang lengkap dan baik serta himbauan kembali untuk selalu bekerja sesuai SOP dan pedoman K3.

Dengan kapasitas terpasang sebesar 816 MW, beban puncak pagi jam 10.00 sebesar 342.6 MW dan jam 19.00 sebesar 409.4 MW. Terjadi penurunan Beban Puncak Siang sebesar 16.31% dan Beban Puncak Malam sebesar 12,45%. Dipastikan pasokan listrik sangat mencukupi karena persentase pembebanan masih 46.07%.

Apel Gelar Pasukan dan Peralatan ini menjadi tanda bahwa PT PLN (Persero) UP3 Yogyakarta telah siap dan mampu untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat untuk menciptakan kenyamanan pada masyarakat DIY saat menyambut bulan suci Ramadhan 1441 H.*