Produk yang Paling Banyak Dicari Selama Pandemi Corona

Produk yang Paling Banyak Dicari Selama Pandemi CoronaSelain makanan yang rutin dikonsumsi, terdapat beberapa perangkat elektronik yang dicari selama PSBB - Ilustrasi/asus.com
15 Mei 2020 23:37 WIB Dewi Andriani Ekbis Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Pandemi Covid-19 menggeser tren berbelanja masyarakat. Tidak sedikit pelanggan yang mulai beralih ke platform e-commerce untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Wisnu Iskandar, Executive Vice President of Consumer Electronic Category Blibli mengatakan dalam situasi ini ketika masyarakat  mengikuti imbauan untuk tetap berdiam dan beraktivitas di rumah, terjadi perubahan tren positif terkait perilaku konsumen dalam berbelanja.

“Masyarakat yang sebelumnya ragu bertransaksi secara online, mulai berpindah ke platform e-commerce,” tuturnya.

Selain terjadi pertumbuhan, kategori produk yang dicari oleh pelanggan pun agak berubah. Blibli mencatat  terjadi pertumbuhan pada empat kategori produk lainnya di luar makanan dan produk kebersihan sehari-hari.

Berikut tren-tren menarik dari 4 kategori di Blibli yang paling banyak dicari selama para pelanggan beraktivitas di rumah:

1. Komputer & Laptop

Dari data yang diperoleh Blibli untuk kategori Komputer & Laptop, terlihat adanya pertumbuhan positif yang terkait perubahan pola aktivitas bekerja dan mencari hiburan yang dilakukan pelanggan selama WFH, SFH, dan Stay At Home.

Blibli mencatat pertumbuhan untuk semua kategori produk Komputer & Laptop, dimana aksesoris komputer, printer & refill, dan juga peralatan gaming (termasuk gaming laptop) tercatat sebagai 3 produk dengan pertumbuhan tertinggi sejak diterapkannya WFH.

Produk aksesoris komputer dan peralatan gaming mengalami pertumbuhan sebesar 2 kali Lipat bila dibandingkan sebelum diberlakukannya WFH.

2. Peralatan Elektronik

Kategori peralatan elektronik yang menyediakan kebutuhan perlengkapan elektronik rumah tangga juga mengalami pertumbuhan yang positif. Tiga produk yang paling banyak diburu oleh pelanggan untuk kategori ini yaitu microwave & oven, produk perlengkapan dapur, dan perangkat kualitas udara yaitu produk air purifier.

Blibli mencatat pertumbuhan sebesar 3 kali lipat untuk produk microwave & oven selama berlangsungnya WFH bila dibandingkan sebelumnya. Hal ini seiring dengan tren perubahan perilaku pelanggan yang lebih banyak melakukan kegiatan di rumah khususnya untuk mempersiapkan makanan sehari-hari.

3. Home & Living

Kategori Home & Living yang menyediakan peralatan dan perlengkapan rumah tangga mencatat pertumbuhan selama masa WFH diberlakukan. Tiga produk yang paling banyak dicari yaitu produk perlengkapan dapur, perlengkapan ruang keluarga, serta peralatan taman dan aktivitas luar ruang. Blibli mencatat pertumbuhan yang signifikan sebanyak 4 kali lipat untuk perlengkapan dapur selama masa WFH berlangsung.

4. Handphone & Tablet

Dari sisi kategori Handphone & Tablet, data Blibli menunjukkan 3 produk yang paling banyak dicari yaitu produk wearables, produk tablet, produk aksesoris handphone. Adapun pertumbuhan transaksi selama masa WFH berlaku dibandingkan fase sebelum beraktivitas di rumah, Blibli mencatat pertumbuhan yang cukup signifikan yaitu di produk wearables dimana tumbuh sebesar 3 kali lipat.

Untuk mendukung hal ini, Blibli berkomitmen menghadirkan berbagai pilihan produk dengan kualitas terdepan, fasilitas gratis ongkir, kemudahan pembayaran, dan juga menjaga keamanan data dalam sistemnya agar pelanggan.

Selama bulan Ramadan ini, Blibli juga menghadirkan program promo bertajuk #RamadanLebihBaik yang menghadirkan berbagai macam promo menarik. Termasuk diskon hingga 90 persen, voucher belanja dengan total nilai miliaran rupiah, penawaran brand deals setiap hari, dan juga gratis ongkir untuk semua produk selama promo #RamadanLebihBaik berlangsung.        

Selain itu pelanggan juga dapat memainkan game Sebar Pahala yang dapat diakses melalui aplikasi Blibli di perangkat smartphone untuk meraih kesempatan mendapatkan berbagai macam voucher. Termasuk Voucher Kebaikan diskon hingga 90 persen, Voucher Bagi-Bagi Ketupat dengan nilai hingga Rp500.000, dan Voucher Mudik Online dengan nilai hingga Rp200.000.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia