Beredar Kabar Keringanan Tarif Listrik Diperpanjang, Begini Kata PLN

Beredar Kabar Keringanan Tarif Listrik Diperpanjang, Begini Kata PLNFoto ilustrasi. - Antara Foto
01 Juni 2020 16:47 WIB Herlambang Jati Kusumo Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Kelanjutan bantuan untuk pengguna listrik rumah tangga berdaya 450 VA dan 900 VA subsidi belum jelas. Hingga kini PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Yogyakarta masih menunggu keputusan Pusat terkait dengan perpanjangan masa bantuan tersebut.

Seperti diketahui, pelanggan rumah tangga dengan daya 450 VA digratiskan selama tiga bulan, sjak April-Juni. Sementara untuk pelanggan berdaya 900 VA subsidi didiskon 50% selama tiga bulan, juga sejak April-Juni. Bantuan tersebut juga berlaku pada pengguna listrik prabayar yang mendapat subsidi.

Lalu beberapa hari terakhir, sempat beredar kabar program tersebut akan diperpanjang hingga September, namun pihak PLN UP3 Yogyakarta belum memastikan kebenaran kabar tersebut. “PLN belum ada keputusan resmi untuk perpanjangan. Jadi kami masih mengacu dari direksi [hanya sampai Juni],” kata Staf Humas PT PLN UP3 Yogyakarta, Rina Wijayanti, Senin (1/6/2020).

Dia mengatakan untuk jumlah pelanggan yang tersasar di DIY sebanyak 450.609 untuk pelanggan 450 VA dan 119.959 pelanggan untuk 900 VA subsidi. Menurutnya tidak ada kendala berarti dalam pelaksanaan program diskon dan gratis bagi pengguna listrik ini.

“Kendalanya barangkali mereka belum tahu informasinya, karena di tempat terpencil atau kendala yang lain. Jadi kami dari PLN berupaya proaktif menginfokan hingga tingkat desa. Biasanya mereka yang masih bingung ke kantor PLN terdekat,” ucapnya.

Rina mengatakan selain program subsidi bagi pengguna rumah tangga, saat ini program yang masih berjalan yaitu untuk industri kecil 450 VA dan bisnis kecil 450 VA, yang dimulai sejak Mei-Oktober mendatang. 

“Bagi pelanggan pascabayar rekening listrik gratis langsung didapatkan selama Mei hingga Oktober. Sementara untuk pengguna prabayar token gratis didapatkan sebesar pemakaian bulanan tertinggi dari pemakaian tiga bulan terakhir sebelum program,” kata Rina.

Berdasarkan data, jumlah pelanggan di DIY yang tersentuh program tersebut sebanyak 5.631 pelanggan bisnis kecil 450 VA dan lima pelanggan untuk industri kecil 450 VA.