Advertisement

Bikers Diminta Cari Aman saat New Normal

Herlambang Jati Kusumo
Jum'at, 19 Juni 2020 - 17:12 WIB
Arief Junianto
Bikers Diminta Cari Aman saat New Normal Ilustrasi. - Honda

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—PT Astra Honda Motor (AHM) terus berupaya mengedukasi para biker. Tak hanya soal safety riding, AHM kini juga gencar mengedukasi bikers soal berkendara aman selama era new normal melalui #cari_aman.

Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM), Johannes Lucky mengatakan sebelum berkendara, sebaiknya bikers mengecek suhu tubuh guna memastikan kondisi badan fit dan sehat. Jika suhu tubuh menunjukkan 37,3 derajat Celcius atau lebih, sebaiknya tidak beraktivitas di luar rumah.

Selain itu, dia juga meminta bikers untuk memeriksa kondisi sepeda motor, terutama yang sudah lama tidak digunakan. “Cek kondisi secara ringan seperti kebocoran oli, perhatikan kondisi dan tekanan ban, periksa sistem pengereman dan kopling serta lampu tetap berfungsi baik,” ucap dia, Jumat (19/6/2020).

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Selain mengecek kondisi sepeda motor, imbuh dia, persiapkan pula riding gear sesuai standar berkendara, seperti helm, sarung tangan dan jaket riding. “Bahkan bikers sebaiknya membawa masker cadangan untuk antisipasi apabila masker kotor atau basah saat berkendara, sehingga saat sampai di tujuan tetap dapat beraktivitas menggunakan masker dengan sehat dan nyaman,” ujar dia.

Tak hanya itu, Johannes juga menyarankan agar bikers tidak menggunakan helm secara bergantian serta selalu memakai visor saat berkendara untuk mencegah benda asing masuk serta mencegah mengusap mata saat dalam perjalanan.

Bikers yang berkendara menggunakan buff sebaiknya juga tetap menggunakan masker agar kemampuan penyaringan partikel berbahaya dapat bekerja lebih baik. Sarung tangan yang digunakan juga harus menutupi seluruh bagian tangan [full cover],” kata Johannes.

Utamakan Keselamatan

Johannes menambahkan, saat berkendara bikers wajib mengutamakan keselamatan, baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Saat berkendara, bikers sebaiknya tidak melintasi wilayah-wilayah yang merupakan pusat pandemi atau teridentifikasi sebagai zona merah. “Usahakan saat berkendara, tetap cari aman, menjaga jarak dengan pengendara lainnya, serta hanya berboncengan dengan keluarga atau kerabat yang tinggal bersama dalam satu rumah,” kata Lucky.

Advertisement

Begitu pula setelah sampai tujuan, bikers wajib mencuci tangan dan mencuci wajah dengan sabun setelah melepas seluruh perlengkapan berkendara. Jika telah sampai rumah, segeralah mandi sebelum bertemu keluarga.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Teken MoU dengan 10 Mitra Lintas Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia, Politeknik LPP Yogyakarta Perkuat Tridarma Perguruan Tinggi

Jogja
| Kamis, 29 September 2022, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement