Advertisement

Pengamat Jogja: Langkah Gojek Fokus pada Layanan Utama Sangat Tepat

Media Digital
Jum'at, 26 Juni 2020 - 11:37 WIB
Budi Cahyana
Pengamat Jogja: Langkah Gojek Fokus pada Layanan Utama Sangat Tepat Gojek - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pengamat ekonomi dari UPN “Veteran” Jogja, Ardhito Binadi, menilai langkah superapp Gojek untuk fokus pada layanan utama dan menutup layanan yang tidak produktif sudah sangat tepat. Bahkan ia menyarankan Gojek untuk tidak membuka kembali layanan tersebut agar dapat memaksimalkan pengembangan bisnisnya.

“Sebenarnya sebelum Covid-19 saya sudah menyarankan sebaikanya fokus pada bisnis intinya. Karena kalau tidak fokus akan jadi inefiensi dan kontra produktif terhadap upaya pengembangan. Fokus saja pada bisnis yang utama, yaitu pengantaran, semakin ke sini semakin ketat persaingan," ujar Ardhito, Kamis (25/6/2020).

Advertisement

Penutupan sejumlah layanan yang dilakukan Gojek mau tidak mau berdampak pada pengurangan sumber daya manusia. Menurut Ardhito hal itu sangat rasional mengingat Gojek merupakan perusahaan yang dominan mengandalkan teknologi dibandingkan tenaga kerja.

“Pandemi Covid-19 berdampak pada berkurangnya kesempatan kerja di semua sektor usaha. Jumlahnya beragam tergantung strategi masing-masing perusahaan untuk bertahan. Unit produksi barang/jasa yang masuk harus dibatasi. Apalagi seperti Gojek perusahaan yang mengandalkan teknologi dibandingkan tenaga kerja, itu wajar," ujar Ardhito.

Binsis berbasis digital memiliki tingkat persaingan sangat tinggi. Menurut Ardhito startup akan berhasil bertahan melewati ketidakpastian ekonomi di masa pandemi jika mereka terus berinovasi, memberikan solusi terhadap kebutuhan masyarakat (solutif), serta memberi layanan yang aman dan nyaman. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Harga Tiket KA Bandara YIA Hanya Rp20.000, Berikut Cara Memesannya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement