Advertisement

Busi Prima, Motor Anda Siap Pakai

Herlambang Jati Kusumo
Senin, 27 Juli 2020 - 23:27 WIB
Arief Junianto
Busi Prima, Motor Anda Siap Pakai Ilustrasi busi. - Honda

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Busi (spark plug) merupakan komponen penting yang ada dalam sistem pembakaran mesin sepeda motor pada umumnya, tak terkecuali Honda.

Komponen ini berfungsi untuk mengubah tegangan listrik yang disalurkan oleh koil menjadi percikan api yang membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang bakar mesin yang telah dikompresi.

Advertisement

Technical Training Coordinator Astra Motor Yogyakarta, Danang Priyo Kumoro memaparkan kondisi elektroda di bagian kepala busi menggambarkan kondisi pembakaran di mesin sepeda motor Honda kesayangan. Berikut ini kondisi elektroda beserta indikasi yang menyertainya:

Elektroda Berwarna Putih Pucat

Kondisi ini menunjukkan bahwa busi dalam keadaan terlalu panas. Jika tidak segera ditangani, maka komponen mesin di ruang bakar akan lebih cepat rusak, bahan bakar menjadi lebih boros, dan akselerasi motor menurun. Untuk menghindari kondisi ini, pastikan spesifikasi busi sesuai rekomendasi buku pedoman pemilik dan lakukan penggantian tipe busi dengan spesifikasi yang sesuai.

Elektroda Berwarna Hitam & Kotor

Kondisi ini mengindikasikan adanya ketidakseimbangan campuran bahan bakar dan udara. Kotoran atau lapisan karbon sisa pembakaran yang menempel dapat membuat mesin jadi sulit dihidupkan, putaran mesin tidak stabil, dan konsumsi bensin menjadi lebih boros.

Elektroda Berwarna Hitam & Berlumur Oli

Kondisi ini bisa menjadi indikasi adanya kebocoran piston ring sehingga oli mesin masuk ke ruang bakar. Kondisi ini bisa mengakibatkan pembakaran tidak sempurna dan gas buang yang dikeluarkan melalui knalpot menjadi lebih pekat. Selain meningkatkan polusi udara, kondisi ini juga mengganggu pengendara lain. Segera periksa tekanan kompresi dan kondisi busi jika kondisi ini terjadi.

Elektroda Aus

Busi bisa aus jika pengapian terlalu cepat dan kurangnya waktu pendinginan. Dampaknya sepeda motor akan menurun kemampuan akselerasi dan power yang dikeluarkan. Pastikan jenis bahan bakar yang digunakan telah sesuai dengan buku pedoman pemilik sepeda motor Honda agar busi terhindar dari kondisi aus. Jika diperlukan segera ganti busi dengan yang baru.

Elektroda Berwarna Abu-Abu atau Merah Bata

Warna abu-abu atau merah bata pada ujung besi atau insulator mengindikasikan bahwa kondisi busi dalam keadaan baik dan normal. Pada kondisi ini, proses pembakaran di ruang mesin pun dalam keadaan optimal dan efisien. Sehingga akselerasi dan power sepeda motor pun optimal.

“Pada prinsipnya, setiap komponen sepeda motor harus diperhatikan. Itulah, selalu periksa dan rawat secara rutin di bengkel Ahass agar performa sepeda motor selalu optimal dan dapat diandalkan di setiap kesempatan. Selalu gunakan Honda Genuine Parts agar mendapatkan kualitas terbaik sesuai dengan standar pabrikan,” uca Danang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Lengkap KRL Jogja Solo dan KRL Solo Jogja Hari Ini, Jumat 26 April 2024

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement