"Cosmonian Bike to Work" Berikan Manfaat bagi Karyawan, Tamu, dan Masyarakat

Cosmonian Bike to Work oleh GAIA Cosmo sebelum pandemi Covid-19. - Istimewa
18 September 2020 15:17 WIB Media Digital Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Sejak 2008, Pemerintah Kota Jogja meluncurkan program “Sego Segawe” atau “sepeda kanggo sekolah lan nyambut gawe” (sepeda untuk sekolah dan bekerja). Guna mendukung program tersebut, pemerintah bahkan memfasilitasi pengguna sepeda dengan jalur khusus yang diberi tanda garis kuning dan gambar sepeda di sebelah kiri jalan raya. Sego segawe dicanangkan pemerintah untuk menciptakan gaya hidup sehat, ramah lingkungan, dan berbudaya lokal. Selain itu, bersepeda juga memberi manfaat dalam mengurangi kemacetan dan polusi yang timbul dari banyaknya kendaraan bermotor di Kota Jogja. Bersepeda juga menghemat sumber energi bahan bakar minyak yang berfungsi untuk menjaga kelestarian alam.

Bike to work, istilah yang lazim digunakan untuk menggambarkan kegiatan bersepeda menuju tempat kerja, belakangan ini mulai menjadi trend bagi sebagian kalangan. Terutama bagi mereka yang tidak memiliki banyak waktu luang untuk berolah raga, bike to work menjadi salah satu solusi untuk menjaga kebugaran tubuh. Menyadari begitu banyaknya keuntungan dari bersepeda, GAIA Cosmo Hotel memiliki program “Cosmonian Bike to Work”, dimana “Cosmonian” yang merupakan sebutan bagi karyawan GAIA Cosmo Hotel, untuk pergi ke kantor dengan bersepeda.

Demi mendukung program “Cosmonian Bike to Work”, bagi karyawan yang tidak memiliki sepeda, GAIA Cosmo Hotel memberikan subsidi sebesar 50% untuk para karyawan yang ingin membeli sepeda. Berkat program “Cosmonian Bike to Work”, para karyawan menjadi lebih bersemangat dan sehat. Karyawan jadi datang lebih awal dan lebih produktif, karena bersepeda meningkatkan koordinasi otak dan tubuh, serta ketahanan tubuh. Di luar jam kerja, setiap Sabtu pagi, Cosmonian juga rutin bersepeda mengelilingi Kota Jogja atau dengan rute tertentu, mengenakan jersey khas identitas GAIA Cosmo Hotel.

Tidak hanya bermanfaat bagi karyawan dan hotel, GAIA Cosmo Hotel juga ingin menyampaikan gaya hidup sehat kepada para tamu. Selama jam kerja, sepeda Cosmonian yang diparkir di bike station yang terletak di area pintu masuk hotel bisa digunakan oleh para tamu yang menginap. Tamu dapat berkeliling menikmati Kota Jogja menggunakan sepeda milik Cosmonian secara gratis. Diharapkan, masyarakat secara luas juga dapat termotivasi untuk bersepeda.