Kredit Pede Jadi Andalan BPD DIY Bangkitkan Usaha IKM

Kredit Pede Jadi Andalan BPD DIY Bangkitkan Usaha IKMPemimpin Cabang BPD DIY Cabang Sleman, Efendi Sutopo Yuwono secara simbolis menyerahkan lembar pengesahan kredit Pede kepada perwakilan Kelompok Sentra IKM Jadah Tempe Kaliurang, belum lama ini. - Istimewa\\r\\n
30 September 2020 06:27 WIB Herlambang Jati Kusumo Ekbis Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Bank BPD DlY turut berperan menumbuhkan kembali perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19 dengan menghadirkan kredit Pemberdayaan Ekonomi Daerah (Pede).

Kali ini pencarian kredit Pede untuk anggota Kelompok Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Jadah Tempe Kaliurang. Anggota IKM Jadah Tempe Kaliurang sebagian besar berasal dari sekitar Kaliurang, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman dengan lokasi berjualan di kawasan Wisata Kaliurang, Wisata Tlogo Putri, Wisata Monjali dan sekitaran Jalan Kaliurang. 

Pemimpin Cabang Bank BPD DIY Cabang Sleman, Efendi Sutopo Yuwono mengatakan Pede merupakan kredit yang ditujukan untuk perorangan yang memiliki usaha produktif dalam sebuah kelompok usaha dan sangat mudah diakses oleh pelaku usaha ultramikro.

Pelaku usaha di Sentra Jadah Tempe Kaliurang yang terdampak pandemi Covid-19 ini dibantu dengan dukungan permodalan. Pariwisata sudah mulai bangkit sehingga para pedagang membutuhkan dukungan usaha. Bank BPD DIY tidak hanya memberikan modal untuk pelaku usaha tetapi menyediakan layanan transaksi digital.

“Diharapkan bantuan permodalan ini dapat membangkitkan kembali usaha mereka seiring dengan belum berakhirnya pandemi Covid-19,” kata Efendi, Selasa (29/9/2020).

Selain pencairan Kredit Pede, kelompok pedagang juga menggunakan layanan QRIS BPD DIY untuk membayar. Digitalisasi ini memudahkan pengunjung di masa era baru seperti sekarang ini untuk bertransaksi nontunai.

“Bertransaksi menggunakan QRIS adalah cara yang sangat tepat untuk menghindari persebaran virus Covid-19 yang bisa menular dengan sentuhan tangan dan melalui uang tunai,” ujarnya.