Menyambut Hari Listrik Nasional Ke-75, PLN UIP JBT II Operasikan 3 Proyek

Menyambut Hari Listrik Nasional Ke-75, PLN UIP JBT II Operasikan 3 ProyekPT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah II berhasil merampungkan pembangunan dan mengoperasikan 3 proyek sekaligus yaitu Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Kesugihan / Rawalo, GarduInduk (GI) 150 kV Rawalo dan Gardu Induk (GI) 150 kV Kesugihan pada Rabu, 21 Oktober 2020.Ist
23 Oktober 2020 07:37 WIB Media Digital Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Menjelang peringatan Hari Listrik Nasional Ke-75, PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah II berhasil merampungkan pembangunan dan mengoperasikan 3 proyek sekaligus yaitu Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Kesugihan – Rawalo, GarduInduk (GI) 150 kV Rawalo dan Gardu Induk (GI) 150 kV Kesugihan pada Rabu, 21 Oktober 2020. Pengoperasian ketiga proyek ini terlaksana lebih cepat dari target yang direncanakan.

SUTT 150 kV Kesugihan – Rawalo membentang dari Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas hingga Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap, memiliki 20 tower dengan panjang saluran 2x5,859 kms.

Proyek SUTT tersebut serta GI 150 kV Rawalo yang berlokasi di Banjar Parakan, Kecamatan Rawalo, Kabupaten Banyumas dan GI 150 kV Kesugihan terletak di Pakuran, Bulupayung, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap dibangun untuk membentuk sub-sistem Kesugihan sehingga menambah kehandalan sistem kelistrikan di daerah Purwokerto, Cilacap, Wonosobo dan sebagian Magelang hingga Wates (semula masuk sub-sistem Ungaran).

“Dengan beroperasinya proyek-proyek tersebut pada hari ini, artinya pemanfaatan potensi penggunaan Interbus Transformer (IBT) 1 dan 2 Gardu IndukTegangan Ekstra Tinggi (GITET) 500 kV Kesugihan sebesar 1000 MVA dapat dimaksimalkan. Selain itu, dengan beroperasinya proyek ini secara otomatis Biaya Pokok Produksi (BPP) sistem Jawa-Bali akan turun," tutur Manajer PLN Unit Pelaksana Proyek Jaringan Jawa Bagian Tengah 2 Agus Pramana dalam rilis yang diterima Harianjogja.cm, Kamis (22/10/2020). 

Dalam keterangan tertulisnya, General Manager PLN UIP Jawa Bagian Tengah II Eko Priyantono Aviantoro menyampaikan ungkapan bahagianya. '"Kami senang sekali karena telah berhasil meng-energize SUTT 150 kV Kesugihan – Rawalo, GI 150 kV Rawalo dan GI 150 kV Kesugihan dan ini menjadi persembahan kami kepada masyarakat dan PLN dalam rangka Hari Listrik Nasional. Dengan beroperasinya proyek-proyek tersebut tentu dapat meningkatkan kehandalan pasokan daya serta kualitas tegangan di Sub-sistem Jawa Tengah dan DIY," tuturnya. *