Advertisement

Menyambut Hari Listrik Nasional Ke-75, PLN UIP JBT II Operasikan 3 Proyek

Media Digital
Jum'at, 23 Oktober 2020 - 07:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Menyambut Hari Listrik Nasional Ke-75, PLN UIP JBT II Operasikan 3 Proyek PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah II berhasil merampungkan pembangunan dan mengoperasikan 3 proyek sekaligus yaitu Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Kesugihan / Rawalo, GarduInduk (GI) 150 kV Rawalo dan Gardu Induk (GI) 150 kV Kesugihan pada Rabu, 21 Oktober 2020.Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Menjelang peringatan Hari Listrik Nasional Ke-75, PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah II berhasil merampungkan pembangunan dan mengoperasikan 3 proyek sekaligus yaitu Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Kesugihan – Rawalo, GarduInduk (GI) 150 kV Rawalo dan Gardu Induk (GI) 150 kV Kesugihan pada Rabu, 21 Oktober 2020. Pengoperasian ketiga proyek ini terlaksana lebih cepat dari target yang direncanakan.

SUTT 150 kV Kesugihan – Rawalo membentang dari Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas hingga Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap, memiliki 20 tower dengan panjang saluran 2x5,859 kms.

Advertisement

Proyek SUTT tersebut serta GI 150 kV Rawalo yang berlokasi di Banjar Parakan, Kecamatan Rawalo, Kabupaten Banyumas dan GI 150 kV Kesugihan terletak di Pakuran, Bulupayung, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap dibangun untuk membentuk sub-sistem Kesugihan sehingga menambah kehandalan sistem kelistrikan di daerah Purwokerto, Cilacap, Wonosobo dan sebagian Magelang hingga Wates (semula masuk sub-sistem Ungaran).

“Dengan beroperasinya proyek-proyek tersebut pada hari ini, artinya pemanfaatan potensi penggunaan Interbus Transformer (IBT) 1 dan 2 Gardu IndukTegangan Ekstra Tinggi (GITET) 500 kV Kesugihan sebesar 1000 MVA dapat dimaksimalkan. Selain itu, dengan beroperasinya proyek ini secara otomatis Biaya Pokok Produksi (BPP) sistem Jawa-Bali akan turun," tutur Manajer PLN Unit Pelaksana Proyek Jaringan Jawa Bagian Tengah 2 Agus Pramana dalam rilis yang diterima Harianjogja.cm, Kamis (22/10/2020). 

Dalam keterangan tertulisnya, General Manager PLN UIP Jawa Bagian Tengah II Eko Priyantono Aviantoro menyampaikan ungkapan bahagianya. '"Kami senang sekali karena telah berhasil meng-energize SUTT 150 kV Kesugihan – Rawalo, GI 150 kV Rawalo dan GI 150 kV Kesugihan dan ini menjadi persembahan kami kepada masyarakat dan PLN dalam rangka Hari Listrik Nasional. Dengan beroperasinya proyek-proyek tersebut tentu dapat meningkatkan kehandalan pasokan daya serta kualitas tegangan di Sub-sistem Jawa Tengah dan DIY," tuturnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri Hari Ini, Cek Lokasi dan Tarifnya di Jogja

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement