Advertisement

Warga Diajak Belanja ke Warung dan Pasar Tradisional Agar Ekonomi Bergerak

Newswire
Rabu, 04 November 2020 - 13:57 WIB
Nina Atmasari
Warga Diajak Belanja ke Warung dan Pasar Tradisional Agar Ekonomi Bergerak Ilustrasi. - JIBI/Sunaryo Haryo Bayu

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Pandemi Covid-19 membuat aktivitas masyarakat dibatasi. Kondisi ini berakibat pada melambatnya pertumbuhan ekonomi Tanah Air. Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara meminta pemerintah daerah memanfaatkan penyaluran dana desa untuk digunakan menggerakan perekonomian lokal di tengah pandemi ini.

Suahasil menuturkan, di tengah pandemi ini ketika arus pergerakan barang dan manusia terbatas, maka salah satu cara yang bisa digunakan agar ekonomi daerah tetap berputar adalah dengan memanfaatkan kegiatan-kegiatan ekonomi lokal.

Advertisement

"Maka mohon kita benar-benar bisa optimalkan kegiatan-kegiatan ekonomi lokal, agar kita bisa memaksimalkan," kata Suhasil dalam sebuah webinar, Rabu (4/11/2020).

Baca juga: Bantul Peroleh Bantuan Ventilator Dari BPPT

Dirinya mencontohkan kegiatan ekonomi lokal yang bisa dilakukan adalah dengan berbelanja di daerahnya masing-masing dengan berkunjung ke pasar-pasar tradisional.

"Kita ingin agar sektor pertanian di daerah pedesaan tetap memproduksi produk-produk pertanian, kita ingin supaya kegiatan UMKM di daerah tetap produksi barang-barang hasil kerajinan, makanan, minuman barang-barang keperluan rumah tangga di daerah masing-masing dan kemudian menjadi kegiatan ekonomi lokal," ucapnya.

Baca juga: Arsul Sani: Sandiaga Uno Sulit untuk Langsung Jadi Ketum PPP

Dirinya mengungkapkan bahwa memutar kegiatan perekonomian adalah upaya yang perlu dilakukan di tengah-tengah pandemi virus corona, agar ekonomi dan kegiatan usaha tetap berjalan.

"Kita beli produk kita sendiri kita dorong kegiatan ekonomi dengan menggunakan resources (sumber) yang kita punya untuk mendorong ekonomi lokal," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Korban Apartemen Malioboro City Bakal Bergabung dengan Ratusan Orang untuk Aksi Hari Buruh

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement