National Tamiya Championship Sukses Digelar di Sleman City Hall

National Tamiya Championship Sukses Digelar di Sleman City HallNational Tamiya Championship Sukses Digelar di Sleman City Hall. - Ist.
16 Desember 2020 12:37 WIB Media Digital Ekbis Share :

Harianjogja.com, SLEMAN–Bagi penggemar Tamiya, event ini merupakan event yang paling ditunggu. Acara yang sudah sering digelar di Sleman City Hall selalu sukses memberikan nostalgia bagi para pencinta Tamiya. Mobil mainan rakitan dari Jepang yang mulai masuk ke Indonesia sejak tahun 1980 ini selalu menawarkan keseruan dalam memainkannya. Dari mulai susahnya mencari spare part-nya, kehandalan perakitan mesin dan body mobil, serta adu kecepatan dalam memainkan Tamiya ini.

Sleman City Hall bekerja sama dengan komunitas tamiya, Tim Tawon Mojokerto menggelar event STO National Tamiya Championship 2020. Acara yang digelar selama tiga hari dari tanggal 11 Desember 2020 hingga 13 Desember 2020 di Minihall lantai 2, berhasil mendatangkan 30 tim dari seluruh Indonesia.

“Selain menjadi ajang kompetisi, STO National Tamiya Championship juga menjadi ajang temu kangen para komunitas dan pencinta tamiya dari berbagai daerah di Indonesia. Mengingat beberapa bulan lalu kita tidak bisa bertemu dan sekarang baru bisa berkumpul,” ujar Bapak Hadi Poernomo, selaku panitia acara ini.

Babak penyisihan dilaksanakan selama dua hari yaitu di tanggal 11 dan 12 Desember sedangkan grand finalnya berlangsung di hari ketiga yaitu Minggu, 13 Desember. Para peserta tampak antusias untuk merakit dan beradu kecepatan di dua track yang telah disediakan.

“Untuk memperebutkan gelar juara bukanlah hal mudah, mobil tamiya para peserta harus memutari 3 lap dengan mulus, tidak terkena time limit, serta setiap race harus finish pertama. Selain itu, spesifikasi mobil juga menjadi bahan pertimbangan, dimana akan dicek panjang, dimensi, dan motornya harus pabrikan asli,” katanya.

Perlombaan tamiya yang sangat kompetitif ini berhasil membawa tim dari Jakarta yaitu RX menyabet dua gelar sekaligus yaitu juara 1 dan juara 2, kemudian di juara ketiga ada tim dari Semarang yaitu BJ, dan diikuti tim Hero dari Jogja yang menjadi juara keempat dan kelima. Juara terakhir di menangkan oleh tim Snath dari Palembang. Selain mencari 6 juara, terdapat juga kategori fastest time race untuk track satu dan dua, yaitu tim Tawon, RX, dan Arsix.

Tentunya dalam setiap event yang diadakan di Sleman City Hall, tetap dengan menjalankan protokol kesehatan yang telah di terapkan. Selain rutin dengan melakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan di area mall, pengunjungpun diwajibkan untuk menggunakan masker dan mencuci tangan diarea yang telah ditentukan. Pastinya, saat acara dimulaipun peserta tetap menjalankan peraturan physical distancing sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. (Adv)