Asyik, KA Batara Kresna Resmi Diluncurkan Hari Ini

Asyik, KA Batara Kresna Resmi Diluncurkan Hari IniKA Perintis Batara Kresna. - Istimewa
01 Januari 2021 20:47 WIB Herlambang Jati Kusumo Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA--PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 6 mengoperasikan kembali KA Perintis Batara Kresna relasi Stasiun Purwosari - Stasiun Wonogiri. Pengoperasian KA itu dilakukan sejak Jumat (1/1/2021).

Manajer Humas PT Kereta Api Daop 6, Supriyanto mengungkapkan KA Batara Kresna kembali dijalankan untuk melayani masyarakat yang akan bepergian menggunakan moda transportasi KA dari Stasiun Purwosari hingga Stasiun Wonogiri (PP).

“Pengoperasian kembali KA Perintis ini dilakukan setelah PT KAI kembali mendapatkan penugasan dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian [Ditjenka] Kementerian Perhubungan untuk penyelenggaraan angkutan KA Perintis sesuai Surat Penugasan dari Direktur Jenderal Perkeretaapian tentang Pelaksanaan KA Perintis Tahun Anggaran 2021,” ujar Supriyanto, Jumat.

KA Perintis Batara Kresna akan beroperasi sebanyak empat perjalanan dalam sehari dengan jadwal keberangkatan pukul 06.00 WIB dan 10.00 WIB untuk relasi Stasiun Purwosari - Stasiun Wonogiri, serta sebaliknya relasi Stasiun Wonogiri - Stasiun Purwosari dengan jadwal keberangkatan pukul 08.00 WIB dan 12.00 WIB.

KA Perintis Batara Kresna ini juga akan berhenti di beberapa stasiun yaitu di Stasiun Solokota, Stasiun Sukoharjo, Stasiun Pasarnguter untuk melayani naik atau turun penumpang.

Soal tarif, dalam sekali perjalanan antara Stasiun Purwosari - Stasiun Wonogiri, tarif KA Perintis ini cukup terjangkau, yakni Rp4.000 per penumpang. Para penumpang dapat membeli tiket melalui aplikasi KAI Access mulai H-7 sebelum keberangkatan atau go show di loket stasiun.

“KA Perintis Batara Kresna rencananya akan dijalankan setiap hari untuk melayani rute tersebut. Seluruh sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk pengoperasian KA Perintis sudah disiapkan dengan baik oleh PT Kereta Api Daop 6 . Railbus ini adalah salah satu sarana transportasi alternatif untuk warga, diharapkan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat," ucapnya.

Supriyanto menambahkan terkait dengan penerapan protokol kesehatan selama masa pandemi Covid-19, KAI tetap konsisten mengedepankan protokol kesehatan saat melayani pelanggan. Protokol tersebut seperti pelanggan diharuskan dalam kondisi sehat, mengenakan masker selama perjalanan, diimbau mengenakan jaket atau pakaian lengan panjang, serta dilakukan pengukuran suhu tubuh saat proses boarding. Guna menjaga jarak selama perjalanan, KAI juga hanya menjual tiket sebanyak 70% dari kapasitas tempat duduk yang tersedia.