Advertisement

5 Ide Bisnis Online Untuk Pelajar SMP Minim Modal, Mudah Kok!

Media Digital
Jum'at, 15 Januari 2021 - 13:52 WIB
Budi Cahyana
5 Ide Bisnis Online Untuk Pelajar SMP Minim Modal, Mudah Kok! Ilustrasi - Istimewa

Advertisement

Menghasilkan uang dari internet bisa dilakukan oleh semua orang, bahkan bagi kamu yang masih berstatus pelajar sekalipun. Tidak harus menjadi karyawan dahulu, memulai bisnis online bisa dimulai sekarang juga asalkan ada kemauan. Kuncinya adalah kesabaran dan mau terus mencoba jika mengalami kegagalan. Simak yuk beberapa ide bisnis online untuk pelajar SMP modal kecil berikut.

Daripada menghabiskan waktu dengan hal-hal kurang berfaedah, bukankah lebih baik membangun bisnis sejak dini. Berbekal pengalaman tersebut, setelah lulus sekolah kamu bisa membuat bisnis yang lebih besar.

Advertisement

Hasil yang didapat juga bisa dipakai untuk menambah uang jajan. Tanpa panjang lebar, ini dia ide bisnis online untuk pelajar SMP dengan modal sedikit.

Rekomendasi Ide Bisnis Online Untuk Pelajar SMP Modal Minim

  1. Jasa Ketik Tugas

Karena pelajar tidak bisa lepas dari yang namanya tugas harian, apalagi di era pandemi seperti sekarang yang kegiatan belajar mengajar dilaukan secara online, maka membuka jasa ketik tugas bukanlah ide buruk.

Justru bisa menjadi bisnis online dari rumah yang menjanjikan. Tawarkan jasamu ini kepada teman-teman di group WhatsApp dan sosial media. Peluang bisnis jasa ketik tugas semakin terbuka lebar bagi kalian yang mampu mengetik dengan cepat.

Di awal-awal, tidak perlu mematok dengan harga yang mahal. Paling penting adalah jasa ketik kamu dikenal oleh banyak orang terlebih dahulu. Maka keuntungan bisa mengikuti belakangan. 

  1. Blogging

Masih berhubungan dengan ketik mengetik, ide bisnis online kedua adalah blogging. Memulai sebuah blog sama saja kamu sedang membangun aset digital yang akan menjadi aset di masa mendatang. Sudah banyak blogger di dalam negeri dan mancanegara yang sukses dari blog mereka.

Namun, blogging membutuhkan waktu dan proses relatif lama. Apalagi kamu memang masih pemula dan belum paham dengan dunia blog. Uang yang didapat juga tidak secepat membuka jasa ketik tugas.

Kendati demikian, blogging mampu memberikanmu keuntungan yang sangat besar apabila berhasil membuatnya ramai pengunjung. Membutuhkan konsistensi dan kesabaran yang ekstra, supaya blog bisa berkembang.

  1. Jualan Makanan Ringan

Apakah kamu tipe orang yang paling malas jika disuruh mengetik? Kalau begitu, silahkan mencoba berjualan snack atau makanan ringan. Ide bisnis online untuk pelajar SMP ini memang sangat bagus, mengingat siswa-siswi yang hobi ngemil.

Terlebih lagi dikemas secara apik sehingga menjadi makanan hits. Beberapa jenis makanan ringan yang cocok dijual seperti sempolan, cimol, cireng, ceker pedas, sebla, makaroni dan lain-lain. Bisa memulai promo dari WhatsApp dan Instagram. 

  1. Jualan Paket Internet

Selain ngemil dan tugas, anak muda juga tidak bisa dipisahkan dari internet. Oleh karena itu, kebutuhan paket internet selalu ramai. Baik digunakan untuk bermain TikTok, game online, browsing dan lain sebagainya.

Jika tidak punya modal, kamu tinggal mencari toko di marketplace yang menjual voucher kuota murah. Tawarkan kepada teman dengan harga lebih tinggi. Apabila sudah punya modal, maka bisa kulakan voucher kuota. 

  1. Membuka Jasa di Internet

Jasa yang ada di internet ini mencakup banyak hal, mulai dari jasa pembuatan website, editing video, desain grafis, pengisi suara dan lain sebagainya. Pilihlah bidang yang kamu suka, pelajari semua ilmu-ilmunya dan jika sudah merasa mampu tawarkan jasa di internet.

Beberapa marketplace yang bisa dimanfaatkan untuk menawarkan jasa ini seperti indimart, digitaloka, p-store dan lain-lain. 

Demikianlah ulasan ringkas mengenai lima ide bisnis online untuk pelajar SMP. Semoga sedikit referensi diatas bisa menambah wawasan sobat semua untuk memulai bisnis sendiri. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Harga Tiket KA Bandara YIA Hanya Rp20.000, Berikut Cara Memesannya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement