Luncurkan Bantuan Lapak Berkah, YBM PLN UIP JBT II Dorong Pengembangan Usaha Kecil

Luncurkan Bantuan Lapak Berkah, YBM PLN UIP JBT II Dorong Pengembangan Usaha KecilYayasan Baitul Maal (YBM) PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah II memberikan bantuan melalui "Program Lapak Berkah." - Istimewa
16 Februari 2021 14:02 WIB Media Digital Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pandemi covid-19 yang tengah dirasakan masyarakat tentu sangat berdampak bagi para pelaku usaha kecil. Sepinya pelanggan dan pendapatan yang menurun menjadi hal yang harus dihadapi.

Latar belakang itulah yang menggerakkan Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah II untuk memberikan bantuan melalui “Program Lapak Berkah.” Dengan menggandeng Inisiatif Zakat Indonesia (IZI), YBM PLN UIP JBT II secara resmi me-launching program tersebut pada 15 Februari 2021 yang lalu. Dilakukan secara virtual, acara launching dihadiri oleh General Manager PLN UIP JBT II - Octavianus Duha, Direktur Pendayagunaan IZI - Nana Sudiana, Kabid Koperasi Dinas Perindustrian UMKM Yogyakarta – Bebasari Sitasari, dan para penerima manfaat.

Mustahik yang menjadi penerima manfaat “Program Lapak Berkah” ini adalah para pelaku usaha kecil yang berada di radius maksimal 2 kilometer dari Kantor Induk PLN UIP Jawa Bagian Tengah II yang terletak di Jl Mangkubumi Yogyakarta. Dari 10 penerima manfaat yang telah di-assessment adalah para pelaku usaha yang berbeda bidang usahanya. Mulai dari usaha kuliner, rumah jahit hingga warung sembako. Agus penjual angkringan yang biasa berjualan di Jl Glagahsari sebagai salah satu penerima manfaat mengatakan, “Terimakasih YBM PLN sudah membantu memberikan gerobak, kebetulan gerobak lama saya rusak. Alhamdullilah ini rejeki, dulu gerobak saya dr seng sekarang saya dapat gerobak kayu yang bagus dan awet semoga lapak saya semakin menarik dan pengunjung saya bertambah.” ucapnya setelah mengurai bahwa pendapatannya selama pandemi menurun hingga 80%. Ungkapan syukur juga diluapkan oleh Nurhayati yang memiliki rumah jahit dan merasakan pendapatannya akhir-akhir ini jauh berkurang, “Alhamdullilah saya mendapatkan bantuan etalase untuk modal usaha dan juga pendampingan beberapa waktu ke depan untuk meningkatkan usaha jahit saya. Terimakasih YBM PLN.”

Rasa terimakasih juga disampaikan oleh Kabid Koperasi Dinas Perindustrian UMKM Yogyakarta – Bebasari Sitasari, “Kami mewakili dinas sangat senang, semoga program ini dapat memberi semangat untuk perusahaan lain dalam memenuhi tanggung jawab sosial untuk turut mengangkat ekonomi masyarakat sekitar wilayah kerja. Selamat juga kepada penerima manfaat semoga dengan bantuan ini usahanya semakin lancar.”

Dalam kesempatan yang sama Octavianus Duha – General Manager PLN UIP JBT II yang melaunching “Program Lapak Berkah” secara virtual juga menyampaikan sambutannya “Hari ini telah dilaunching Program lapak Berkah oleh YBM PLN UIP JBT II bekerja sama dengan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI). Yaitu bantuan pengembangan ekonomi bagi mustahik yang memiliki usaha kecil yang belum berkembang, berupa sarana usaha, intervensi modal usaha, pendampingan usaha dan pendampingan spiritual. Terimakasih sebesar-besarnya atas kesempatannya insyaallah pendapatan pegawai yang dipotong melalui YBM PLN dapat tersalurkan dengan baik. Kegiatan ini sesuai dengan nilai program kami yaitu pelatihan skill wirausaha, program pemberdayaan, pemberdayaan UMKM dan keluarga pra sejahtera serta kemandirian dhuafa.”

“Semoga seluruh penerima manfaat mendapat kelancaran dari Allah SWT. Mohon doa juga agar semua insan PLN dapat melaksanakan tugas dengan baik dalam mencapai target perusahaan, diberkahi aktivitasnya dan PLN terus dapat berkiprah positif di tengah masyarakat.” Octavianus mengakhiri sambutannya. (ADV)