Jadwal Perjalanan Kereta Api Relasi Jogja Ditambah saat Momen Libur

Jadwal Perjalanan Kereta Api Relasi Jogja Ditambah saat Momen LiburIlustrasi. - Bisnis/Himawan L Nugraha
07 Maret 2021 19:37 WIB Herlambang Jati Kusumo Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Antisipasi lonjakan penumpang jelang libur Isra Miraj pada Kamis (11/3/2021) dan libur akhir pekan, PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 berencana menambah jadwal perjalanan kereta.

Manager Humas PT KAI Daop 6, Supriyanto mengatakan akan ada dua tambahan perjalanan KA pada Rabu (10/3/2021) dan Minggu (14/3/2021). Tambahan  perjalanan KA pada tanggal tersebut yaitu Kereta Kertanegara melayani relasi Malang-Purwokerto (PP) dan Kereta Mutiara Timur dengan perpanjangan relasi Ketang-Yogyakarta (PP).

“Akan ada penambahan perjalanan KA tersebut. Untuk saat ini ada 28 perjalanan KA Jarak Jauh dan dua KA Joglosemarkerto,” ujar Supriyanto, Minggu (7/3/2021).

Supriyanto mengungkapkan untuk saat ini rata-rata jumlah penumpang memang terbilang masih datar, untuk Daop 6 pada kisaran 3.000 dalam satu hari. Meski begitu pada akhir pekan dilakukan antisipasi jika adanya peningkatan jumlah penumpang. Seperti penambahan perjalanan KA Senja Utama pada Minggu (7/3/2021).

“Penambahan ini antisipasi penumpang ke Jakarta hari Minggu ini. Tidak hanya dari Jogja, tetapi di sepanjang lintas mulai Kutoarjo, Kebumen, Purwokerto, dan seterusnya,” kata Supriyanto.

Supriyanto mengungkapkan di tengah pandemi ini protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19 juga menjadi utama. Selain kewajiban menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, KAI juga membatasi jumlah penumpang. Kuota yang diberlakukan dibatasi 70% dari kapasitas jumlah tempat duduk di dalam kereta.

BACA JUGA: Jelang Musim Tanam, Harga Benih Bawang Merah di Bantul Meroket

“KAI juga menyediakan face shield untuk dipakai penumpang KA jarak jauh. Juga dihimbau menggunakan pakaian lengan panjang. Serta dilarang berbicara maupun makan atau minum saat di dalam kereta untuk menghindari droplet,” ucapnya.

Dia juga mengatakan dengan adanya layanan GeNose juga membuat calon penumpang KA lebih mudah memenuhi persyaratan naik KA Jarak Jauh, selain juga masih menyediakan layanan untuk tes antigen.