Belajar Bijak Berbelanja Agar Hidup Bisa Lebih Cuan di Hari Hak Konsumen Sedunia

Belajar Bijak Berbelanja Agar Hidup Bisa Lebih Cuan di Hari Hak Konsumen SeduniaIlustrasi - Freepik
17 Maret 2021 14:22 WIB Media Digital Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Tahukah kamu bahwa setiap tanggal 15 Maret, masyarakat di seluruh dunia memperingati Hari Hak Konsumen Sedunia? Hari Hak Konsumen Sedunia merupakan momentum untuk membangun kesadaran terkait hak-hak serta kebutuhan konsumen. Secara garis besar, konsumen memiliki beberapa hak seperti memilih barang, mendapat kompensasi ganti rugi, hak dilayani dan diperlakukan dengan baik tanpa diskriminasi, hak mendapatkan informasi yang benar, jelas dan jujur atas apa yang akan dikonsumsi, dan sebagainya.

Namun selain hak-hak tersebut, konsumen juga harus mematuhi kewajibannya saat melakukan transaksi pembelian. Salah satu kewajiban konsumen yang harus kamu perhatikan adalah menjadi seorang konsumen yang bertanggung jawab dan bijak. Sebagai konsumen, kamu harus bisa mengatur pengeluaran berbelanja kamu dengan baik dan tidak berlebihan. Berikut beberapa tips sederhana yang bisa kamu ikuti agar bisa berbelanja dengan lebih bijak dan lebih cuan: 

  • Jadilah smart spender

Bijaklah dalam menggunakan uang untuk berbelanja. Kamu harus memahami apakah barang yang hendak dibeli merupakan kebutuhan atau hanya keinginan yang dapat ditunda. Sebelum membeli, mulailah ajukan pertanyaan ini pada diri sendiri: “Apakah saya benar-benar membutuhkan barang ini?” atau buatlah daftar barang yang menjadi prioritas. Gunakan alokasi proporsi seperti 50-30-20 dimana 50% untuk keperluan sehari-hari dan tagihan, 30% untuk dana darurat, investasi, dan tabungan, serta 20% untuk belanja dan hiburan. Kemudian, manfaatkan beragam promo yang ditawarkan oleh layanan pembayaran digital seperti ShopeePay.

  • Pertimbangkan 30% pendapatan untuk investasi

Setelah membuat proporsi alokasi pendapatan, manfaatkan porsi 30% untuk disalurkan pada produk investasi yang tepat. Saat ini, kamu bisa dengan mudah menemukan informasi mengenai investasi di media sosial maupun internet. Beberapa platform investasi yang tersedia di pasaran antara lain Tamasia, IndoGold, Tanamduit, Investatik, ataupun Fundtastic. Kamu bisa memilih investasi sesuai dengan tujuan investasi yang ingin kamu capai dan risiko yang kamu miliki. Saat berinvestasi di platform-platform investasi tersebut,  kamu juga bisa memilih ShopeePay sebagai metode transaksi agar kamu bisa memanfaatkan promo cashback yang diberikan sehingga kamu bisa jadi lebih untung.

  • Siapkan dana darurat

Menyisihkan dana darurat juga menjadi hal yang penting untuk dilakukan bagi kehidupan di masa depan. Dana darurat merupakan dana yang disisihkan sebagai tabungan berjaga-jaga. Hal ini bisa dimulai dengan memisahkan pemasukan ke dalam rekening yang terpisah sehingga dana harian dan dana darurat tidak tercampur.

  • Review keuangan secara berkala

Bukan hanya kesehatan jasmani yang perlu dicek secara rutin, kesehatan keuangan pun juga perlu diulas secara rutin. Cermati kondisi pemasukan dan pengeluaran esensial kamu. Identifikasi semua pengeluaran, mulai dari tagihan rutin seperti listrik dan air, belanja bulanan, dana investasi, cicilan rumah, dan kemungkinan pengeluaran lainnya. Hal ini perlu dilakukan secara berkala seperti tiga bulan sekali ataupun enam bulan sekali untuk mengetahui apakah strategi alokasi keuanganmu sudah tepat atau memerlukan perubahan agar kesehatan keuangan terjaga.

Empat tips sederhana di atas bisa dilakukan secara rutin agar kondisi keuangan kamu menjadi lebih sehat. Dengan memiliki pengelolaan keuangan yang baik, kamu bisa menikmati aktivitas belanja dengan lebih tenang tanpa harus khawatir kondisi finansial akan terganggu. Sebab, setiap konsumen memiliki hak untuk menikmati segala layanan dan produk terbaik agar mendapatkan pengalaman berbelanja yang memuaskan. Mari mulai atur dan rencanakan keuangan kamu secara bijak!