Hadapi Lebaran, Smartfren Perkuat Jaringan

Hadapi Lebaran, Smartfren Perkuat JaringanRegional Technical Leader Jawa Tengah, Gede Dede Wiryana memaparkan kesiapan Smartfren memperkuat jaringan menyambut momen Ramadan dan Lebaran, Kamis (25/3/2021). - Harian Jogja/Lajeng Padmaratri
26 Maret 2021 06:17 WIB Lajeng Padmaratri Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Menjelang datangnya Ramadan sekaligus menyambut Hari Raya Idul Fitri mendatang, PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren) terus berupaya memperkuat jaringan mereka.

Masa Ramadan hingga Lebaran antara April-Mei 2021 mendatang, masyarakat diprediksi masih akan menjalani komunikasi via daring dalam rangka kaitannya kebijakan pembatasan sosial. Oleh karena itu, Smartfren mempersiapkan jaringan dengan pengujian di DIY dan Jawa Tengah selatan.

Regional Technical Leader Jawa Tengah, Gede Dede Wiryana menuturkan ada beberapa kabupaten di wilayah Jawa Tengah selatan yang kebutuhan bandwidth-nya naik dua kali lipat selama kebijakan sekolah daring dan work from home (WFH). Itulah sebabnya, Smartfren bersiap untuk momen Lebaran mendatang dengan menambah kebutuhan bandwith.

"Berdasarkan aplikasi OpenSignal, hingga saat ini coverage jaringan 4G Smartfren masih yang paling luas di Jawa Tengah dan DIY jika dibandingan dengan operator lainnya. Keterjangkauan Smartfren sudah mencapai lebih dari 84 persen dari sebaran populasi penduduk di Jawa Tengan dan DIY,” kata Gede saat Smartfren Technology & Network Update 2021, Kamis (25/3/2021).

Saat ini, kata dia, Smartfren terus berupaya menambah jangkauan jaringan. Di sisi lain, provider ini juga mengantisipasi sekaligus memenuhi kebutuhan bandwidth karena mayoritas orang saat ini membutuhkan jaringan Internet.

Selama ini perusahannya melakukan penetrasi terhadap populasi, bukan topologi, sehingga lebih efektif untuk menjangkau masyarakat agar bisa menikmati paket Smartfren. Sebab, daerah DIY dan Jawa Tengah bagian selatan sebagian terdiri dari pegunungan sehingga akan kurang efektif jika penetrasi yang diterapkan berbasis topologi.

Penambahan BTS

Regional Head Smartfren, Joseph Marthinus Gultom menambahkan ada alokasi penambahan BTS di regional DIY-Jawa Tengah selatan sebanyak lebih dari 30% dari alokasi nasional. Ia juga menyampaikan kesiapan Smartfren dari sisi produk dan layanan data mulai Ramadan mendatang.

"Untuk menghadapi Ramadan, Smartfren sudah menyiapkan berbagai varian layanan Internet yang bisa dinikmati pelanggan. Pelanggan bisa memilih Paket Unlimited atau Paket Nonstop melalui aplikasi mySmartfren. Selain itu, kami juga menyiapkan paket kuota besar Super 4G Kuota dan Paket Cocktail serta paket yang masa aktifnya ekstra panjang dengan bonus kuota mingguan,” ucap Joseph.

Dia juga mengajak pelanggan Smartfren untuk mengikuti Program Treasure Hunt melalui aplikasi MySmartfren karena pelanggan berkesempatan mendapatkan hadiah langsung dan bonus harian.