Erick Thohir Berharap Pertashop Jadi Basis Penguatan Ekonomi Syariah

Erick Thohir Berharap Pertashop Jadi Basis Penguatan Ekonomi SyariahErick Thohir (tengah) selaku Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah yang juga Menteri BUMN meresmikan Pertashop untuk Pondok Pesantren di Desa Surusunda, Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap, Minggu (11/4/2021). - Dok. Istimewa
12 April 2021 05:17 WIB Ropesta Sitorus Ekbis Share :

Harianjogja.com, CILACAP - Menteri BUMN Erick Thohir didampingi Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati meresmikan Pertashop untuk Pondok Pesantren di Desa Surusunda, Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap, Minggu (11/4/2021). 

Erick Thohir yang juga Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah menyampaikan Pertashop merupakan sarana kemitraan dari Pertamina yang bertujuan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Pertashop ini bagian dari BUMN dalam penguatan ekonomi masyarakat, seperti salah satunya di Pondok Pesantren Nurul Qur'an Karangpetir ini," kata Erick Thohir lewat keterangan tertulis. 

BACA JUGA : 6 Unit Pertashop Hadir di DIY, Pertamina Buka Peluang

Erick menuturkan kerja sama antara Pertashop dengan Pondok Pesantren Nurul Qur’an Karang Petir ini sudah sesuai dengan 4 Pilar dalam Masyarakat Ekonomi Syariah yang berfokus pada pengembangan pasar industri halal di dalam dan luar negeri, pengembangan industri keuangan syariah nasional, investasi bersahabat yang melibatkan pengusaha di daerah dan pengembangan ekonomi syariah dari pedesaan (dan pesantren) secara berkelanjutan.

Dia menuturkan program kemitraan Pertashop dari Pertamina dengan Pondok Pesantren ini merupakan inovasi baru. Tidak hanya menumbuhkan kemandirian ekonomi pondok pesantren, hadirnya Pertashop sekaligus dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa di wilayah Kabupaten Cilacap sesuai kebijakan pembangunan daerah yaitu 'Bangga Mbangun Desa'.

“Ini adalah proyek percontohan, untuk menuju 1.000 pesantren dengan 1.000 bisnis. Sehingga pesantren dapat mandiri secara finansial dan menguatkan ekonomi umat dan masyarakat sekitar,” tambah Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah tersebut.

Di sisi lain, dengan adanya Pertashop di Desa Surusunda membantu mempermudah akses BBM bagi masyarakat, khususnya dengan harga yang terjangkau. Seperti diketahui, banyak wilayah yang jauh dari SPBU, sehingga masyarakat sering mendapatkan harga BBM yang lebih mahal.

BACA JUGA : Mudahkan Akses BBM, Unit Pertashop di DIY Akan Ditambah

"Sebagai Menteri, kami di Kementerian BUMN dan juga Pertamina, akan terus mendukung program kemandirian ekonomi masyarakat melalui program kemitraan atau program-program lainnya," tegas Erick.

Pertashop sendiri adalah lembaga penyalur Pertamina skala kecil yang disiapkan untuk melayani kebutuhan konsumen BBM Nonsubsidi, LPG Nonsubsidi dan produk Pertamina Ritel lainnya yang tidak atau belum terlayani oleh lembaga penyalur Pertamina lain.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia