Advertisement

Gojek Perkuat Bantul Jadi Kabupaten Cerdas dengan Pemberdayaan Ekonomi Digital

Media Digital
Rabu, 28 April 2021 - 14:47 WIB
Sunartono
Gojek Perkuat Bantul Jadi Kabupaten Cerdas dengan Pemberdayaan Ekonomi Digital Gojek menjalin kemitraan dengan pemkab Bantul, Rabu (28/4/2021). - ist.

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Gojek, SuperApp terdepan di Asia Tenggara, konsisten sebagai garda terdepan membantu masyarakat untuk tetap produktif selama masa adaptasi kebiasaan baru dengan mengedepankan protokol kesehatan, kebersihan dan keamanan.

Salah satu perwujudannya adalah kemitraan bersama Pemerintah Kabupaten Bantul untuk membantu keberlangsungan pendapatan ribuan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), pariwisata, transportasi dan penyediaan kanal pembayaran untuk peningkatan pendapatan asli daerah Bantul dengan memanfaatkan solusi teknologi dan non teknologi yang dihadirkan oleh Gojek. Inisiatif ini ditandai dengan penandatanganan MoU antara Gojek dan Pemerintah Kabupaten Bantul yang dilakukan pada hari ini.

Advertisement

Salah satu upaya yang dilakukan Gojek dan Pemkab Bantul adalah dengan memudahkan UMKM go digital pada setiap langkah operasional bisnis sehari-hari, mulai dari pemasaran, pemesanan (pemrosesan order), pembayaran, pengiriman, hingga administrasi. Ragam solusi digital dalam inisiatif Melaju Bersama Gojek dirancang secara khusus untuk menjawab kebutuhan UMKM, dari seluruh skala dan lini usaha. 

Selain menyediakan solusi komprehensif seperti GoFood, GoSend, GoBox serta Selly, Gojek juga hadir membantu pemerintah kota, kabupaten, dan provinsi untuk meningkatkan penerimaan asli daerah lewat Pajak Bumi Bangunan, Pajak Kendaraan Bermotor, retribusi daerah, serta pembayaran pajak yang dapat dilakukan lewat GoTagihan.

Bupati Bantul dalam hal ini diwakili Asisten II Bagian Perekonomian dan Pembangunan - Bambang Gurito SH menyambut baik langkah kerja sama ini karena sejalan dengan upaya pemulihan ekonomi Kabupaten Bantul di masa pandemi.

“Kerjasama ini sebagai komitmen Pemerintah Kabupaten Bantul untuk percepatan pembangunan berbasis digital. Gojek dengan ekosistem lengkap untuk keberlangsungan pendapatan UKM dan solusi pembayaran non-tunai diharapkan dapat membantu merealisasikan Bantul sebagai kabupaten cerdas yang mengikuti perkembangan zaman di era digitalisasi,” katanya, Rabu (28/4/2021).

District Head Gojek Yogyakarta - Ridzky Novasandro  mengatakan “Sebagai super app karya anak bangsa, Gojek juga mendukung upaya Pemerintah Kabupaten Bantul menjadi Kabupaten yang cerdas atau Smart Regency melalui pemanfaatan ekosistem Gojek untuk pelayanan kepada masyarakat.  Bagi kami keamanan dan kenyaman adalah prioritas utama, Di masa pandemi aktivitas yang menggunakan digitalisasi menjadi utama bagi masyarakat dalam mengakses suatu kebutuhan. Hal itu dapat dirasakan dengan banyaknya pelayanan yang berbasis digital maupun online, semua layanan Gojek dapat diakses dari rumah tanpa harus keluar rumah. Ragam solusi itu adalah layanan pesan antar makanan GoFood,  dan pembayaran berbagai jenis tagihan atau pajak  yang dapat dilakukan secara online menggunakan GoTagihan”

Ketahanan ekonomi selama pandemi COVID-19 di Kabupaten Bantul diharapkan mampu didukung oleh keberadaan ekosistem ekonomi digital yang dimiliki Gojek. Solusi teknologi dan non-teknologi yang ditawarkan platform digital Gojek membantu pelaku UMKM beradaptasi sehingga bisa bangkit di situasi pandemi COVID-19, dan membantu masyarakat untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru.  Kerjasama ini juga upaya mendukung program Percepatan Akses Keuangan Daerah sebagai bagian dari program bersama antara  OJK Provinsi Yogyakarta dan TPAKD Bantul.

Ribuan Mitra Divaksinasi Bertahap

Gojek, super app terkemuka di Asia Tenggara bersama Halodoc telehealth terdepan di Indonesia, membuka Pos Pelayanan Vaksinasi COVID-19 Drive Thru di Candi Prambanan, Yogyakarta. Gojek dan Halodoc mengukuhkan kembali komitmennya dalam mendukung program vaksinasi massal tahap kedua dari pemerintah. Pos layanan vaksinasi ini akan melayani pelaku pariwisata, pelayan publik, dan transportasi publik termasuk diantaranya para mitra driver Gojek pada 5 April-7 Mei 2021. Ribuan mitra driver di Provinsi DIY dan sekitarnya telah mengikuti program vaksinasi dosis pertama dan akan menerima dosis kedua dalam waktu dekat.

Sejak awal Gojek berkomitmen mendukung upaya pemerintah dengan menjadi yang pertama melakukan berbagai edukasi, sosialisasi, dan implementasi protokol kesehatan di setiap layanan Gojek dengan melibatkan  seluruh bagian ekosistem, mulai dari karyawan, mitra driver, mitra usaha dan pengguna. Karena kesehatan dan keselamatan ekosistem merupakan prioritas di seluruh wilayah operasi Gojek. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Produksi Ikan Tangkapan dan Budi Daya di Gunungkidul Hanya Naik Tipis

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement