Advertisement

Memulai Usaha dengan Mudah Bersama Alfamart

Media Digital
Senin, 07 Juni 2021 - 15:37 WIB
Budi Cahyana
Memulai Usaha dengan Mudah Bersama Alfamart Tenant di Alfamart. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Memulai usaha acapkali dihadapkan pada persoalan mendapat lahan tempat berusaha yang strategis, fasilitas memadai namun juga dengan biaya sewa terjangkau. Untuk itu calon pengusaha UMKM bisa bergabung menjadi mitra usaha UMKM Alfamart.

Biasa disebut tenant, yaitu menggunakan halaman depan toko Alfamart sebagai tempat untuk berusaha.

Advertisement

Corporate Communication GM Alfamart, Nur Rachman menjelaskan bahwa prosedur untuk memulai membuka tenant di halaman Alfamart prosesnya tidak rumit.

"Selain itu pengusaha bisa memanfaatkan traffic pengunjung Alfamart untuk makin mengenalkan usaha mereka, sehingga bisa lebih menguntungkan" tambahnya.

Lalu bagaimana cara untuk membuka tenant di Alfamart?

Yang pertama adalah pendaftaran. Ada 3 cara mendaftar antara lain, silahkan memilih yang paling mudah untuk dilakukan:

  1. Calon tenant datang langsung ke kantor cabang, dan bertemu dengan Branch Tenant Support (BTS) untuk berdiskusi soal lokasi dan melakukan administrasi.
  2. Calon tenant mendata dirinya di toko melalui fasilitas transaksi elektronik yang ada di setiap toko, setelah itu dikemudian hari akan dihubungi oleh BTS, untuk di undang ke kantor cabang.
  3. Calon tenant mendaftar melalui https//tenant.alfamart.co.id/public/

Alur yang bisa dilakukan calon tenant adalah sebagai berikut:

  1. Calon tenant melakukan survey lokasi toko yang diminati untuk berjualan.
  2. Calon tenant melakukan administrasi seperti pengisian data dan pembayaran. Setelah lengkap akan mendapat Surat Kerjasama Sewa Tempat (SKST) serta mendapat surat ijin penempatan Booth di toko.
  3. Kini calon tenant resmi menjadi Member tenant. Dan bisa menunjukkan surat ijin penempatan booth ke Pejabat Toko di toko yang dipilih atau yang disepakati sebelumnya.
  4. Member tenant kini sudah bisa mulai berjualan.

Biaya sewa cukup terjangkau, yakni per bulan rata-rata antara RpRp 600.000 di luar Jabodetabek dan Rp 700.000 di Jabodetabek yang dibayarkan tiap awal periode sewa. Harga tersebut belum termasuk PPN 10%.  Untuk wilayah jogja dapat menghubungi pic nya bu Okta 081281733207

Fasilitas yang didapat cukup lengkap untuk berusaha, yakni listrik 200 watt dan air bersih untuk kebutuhan seperlunua yang bisa di dapat dari kamar mandi toko.

"Member tenant bebas untuk berusaha apa saja namun bukan item atau produk yang disediakan di dalam toko Alfamart, serta tidak melanggar peraturan resmi," tutup Nur Rachman. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Alert! Stok Darah di DIY Menipis, PMI Dorong Instansi Gelar Donor Darah

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement