Menlu Retno Sebut Inggris akan Berikan Vaksin Covid-19 kepada Indonesia

Menlu Retno Sebut Inggris akan Berikan Vaksin Covid-19 kepada IndonesiaMenteri Luar Negerti Retno LP Marsudi seusai menerima 3,8 juta vaksin jadi AstraZeneca di Bandara Soekarno Hatta, Senin (26/4/2021). - Biro Pers Sekretariat Presiden/Kris
30 Juni 2021 08:07 WIB Mutiara Nabila Ekbis Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebut Inggris akan turut berkontribusi pada program vaksinasi Covid-19 di Indonesia.

Pada pertemuan Menlu G20 di Italia, Menlu Retno mengaku berkesempatan melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Inggris.

"Bulan Maret lalu, Perdana Menteri Inggris melakukan pembicaraan telepon dengan Presiden Joko Widodo. Bulan April lalu, saya menyambut Menlu Inggris di Jakarta dalam kerangka RI-UK Partnership Forum," kata Menlu dalam keterangannya, Selasa (29/6/2021).

Beberapa hal yang dibahas dalam pertemuannya antara lain bahwa Menlu Inggris menyampaikan konfirmasi rencana Inggris untuk memberikan kontribusi vaksin kepada Indonesia.

"Mengenai jumlah dan waktu pengiriman masih akan kita bahas lebih lanjut," imbuhnya.

Retno menjelaskan, konfirmasi pemberian vaksin dari Inggris ini merupakan kelanjutan dari komunikasi intensif yang dilakukan oleh dua Menlu dalam beberapa kali pertemuan.

Sebelumnya, Perdana Menteri (PM) Boris Johnson pernah menyebutkan akan menyumbang setidaknya 100 juta vaksin ke negara lain yang belum memiliki akses vaksin. Di antara 100 juta vaksin itu, 80 juta akan disumbangkan London ke program COVAX.

Sumber : JIBI/Bisnis.com