Beringharjo Didorong Jadi Pasar Digital

Beringharjo Didorong Jadi Pasar DigitalPasar Beringharjo Online, di platform Tokopedia. - Ist.
05 Agustus 2021 11:57 WIB Herlambang Jati Kusumo Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Akselerasi digital dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini menjadi sangat penting, Tokopedia mencoba melakukan dukungan untuk digitalisasi Pasar Beringharjo.

Sinergi dengan Pasar Beringharjo yang baru diluncurkan Juni 2021 lalu telah memfasilitasi puluhan pedagang pasar berjualan melalui pemanfaatan platform Tokopedia di tengah pandemi.

BACA JUGA : Prawirotaman Jadi Pasar Digital Pertama di DIY

Tokopedia membantu perkembangan pegiat usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal, melalui inisiatif Hyperlocal demi membantu pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi sekaligus mewujudkan pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia. Salah satu turunan inisiatif tersebut adalah Program Pasar Digital yang telah diluncurkan sejak April 2020.

“Digitalisasi pasar tradisional merupakan salah satu wujud inisiatif Hyperlocal Tokopedia untuk meningkatkan daya saing para penjual di pasar tradisional berbagai daerah melalui pemanfaatan teknologi. Ini diharapkan bisa berkontribusi untuk perekonomian daerah,” kata Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah Tokopedia, Emmiryzan, melalui siaran pers, Kamis (5/8).

Dalam pelaksanaannya, Emmir dan tim berkolaborasi dengan Kementerian Perdagangan dan pemerintah daerah untuk memberikan pendampingan dan edukasi yang intensif kepada pengurus pasar maupun koperasi pasar dalam berbagai bentuk serta menyediakan wadah untuk saling berbagi dan bertukar informasi.

BACA JUGA : Pelatihan Digitalisasi Pasar Tradisional di Kota Jogja

Ke depannya, Tokopedia melalui Emmir mengatakan akan memperbanyak kerja sama dengan pemerintah daerah di berbagai penjuru Indonesia untuk mendigitalisasi berbagai pasar tradisional, “Yang akan diwujudkan dalam waktu dekat adalah digitalisasi pasar tradisional di Provinsi Jawa Timur dan Bali,” ucapnya.