PLN Jamin Pasokan Listrik Wisma Atlet dan PT Air Liquide Aman

PLN Jamin Pasokan Listrik Wisma Atlet dan PT Air Liquide AmanDirektur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril (berdiri) saat mengunjungi pabrik oksigen PT Air Liquide, Sabtu (4/9/2021). - Istimewa/PLN
07 September 2021 07:57 WIB Arief Junianto Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—PLN memastikan pasokan listrik tercukupi di Rumah Sakit Darurat Covid (RSDC) Wisma Atlet dan pabrik oksigen PT Air Liquide tercukupi.

Dalam kunjungannya ke Rumah Sakit Darurat Covid (RSDC) Wisma Atlet dan pabrik oksigen PT Air Liquide, Sabtu (4/9/2021). Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril memastikan kepada manajemen RSDC maupun Air Liquide bahwa PLN siap mendukung pasokan listrik di dua tempat tersebut agar tetap bisa melayani masyarakat secara maksimal.

"Kami berkomitmen terus menghadirkan pelayanan listrik yang andal bagi semua masyarakat agar bisa menghadapi pandemi ini. Dukungan dari RSDC dan Air Liquide memotivasi kami untuk memberikan layanan yang lebih baik lagi dalam melayani pelanggan dan masyarakat Indonesia," ujar Bob melalui rilis, Senin (6/9/2021)

Director of Business Large Industries PT Air Liquide Indonesia, Maulana Himawan ikut mengapresiasi kinerja PLN dalam melayani kebutuhan pelanggan. "Kami sangat puas terhadap pelayanan PLN, sangat responsif, dan mengutamakan kepentingan pelanggan. Kami sangat percaya terhadap keandalan PLN," ujar Maulana.

Senada, Koordinator Opersional RSDC Wisma Atlet, Kolonel dr. Abdul Alim juga berterima kasih atas dukungan yang diberikan PLN selama ini. Dia pun memastikan pasokan listrik yang ada untuk RSDC selama ini cukup dan tanpa kendala.

"Saya sebagai pelanggan terima kasih atas dukungan, perhatian PLN kepada RSDC. Selama ini tidak ada masalah listrik. Berkat dukungan PLN dan pimpinan PLN mudah mudahan PLN semua rekan rekan diberikan kesehatan untuk mengawal RSDC dan masyarakat lainnya," ujar Alim.

Tekan Harga

Direktur Perencanaan Korporat PLN, Evy Haryadi mengatakan selain mendukung pasokan kelistrikan, PLN juga memberikan pasokan oksigen medis yang diproduksi oleh PLN melalui anak usahanya PT PJB dan PT Indonesia Power.

Evy berharap, produksi oksigen tersebut banyak membantu masyarakat yang membutuhkan dan dapat menekan lonjakan harga jual oksigen yang beredar. “Terlebih agar dapat menjaga kestabilan pasokan oksigen ke rumah sakit seperti halnya RSDC Wisma Atlet,” ucap dia.

RSDC Wisma Atlet merupakan fasilitas kesehatan yang dihadirkan pemerintah dalam rangka penanganan pandemi Covid-19. Terdiri dari 10 tower yang difungsikan sebagai rumah sakit, per 1 September 2021 tercatat 1.055 pasien yang masih harus dirawat. RSDC memiliki ketersediaan 7.894 bed yang saat ini terpakai 13%.

PLN mendukung pelayanan kesehatan di RSDC Wisma Atlet dengan suplai listrik yang andal dari empat gardu yang dimiliki. Termasuk memberikan dukungan pasokan oksigen yang dihasilkan dari pengolahan produk sampingan pembangkit berbasis gas milik mereka.

Dengan pemakaian 33 MWh sepanjang tahun berjalan ini, RSDC Wisma Atlet menjadi kontributor pemakaian listrik terbesar dalam rangka penangulangan Covid-19 di Indonesia.