Advertisement

Paket Bantuan #SemangatSalingBantu dari Astra untuk Indonesia

Media Digital
Kamis, 09 September 2021 - 15:27 WIB
Budi Cahyana
Paket Bantuan #SemangatSalingBantu dari Astra untuk Indonesia Semangat Saling Bantu dari Astra. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Empat puluh delapan jam. Menyeberangi pulau, menunggu kedatangan kapal yang tak sesuai jadwal, teriknya pancaran sinar matahari dan berbagai tantangan yang ditemui tak menyurutkan niat seorang pria berusia 40 tahun, yang dikenal dengan Biwi Suwito, untuk mendistribusikan paket bantuan Semangat Saling Bantu dari Astra ke desa-desa di Kabupaten Indragiri Hilir, Riau.

Mengarungi perjalanan dari Pekanbaru ke Kabupaten Indragiri Hilir yang terletak di Kota Tembilahan, ia harus menempuh jarak 295 kilometer. Mulai dari akses darat hingga sungai, ia perlu berganti-ganti kapal guna sampai ke tujuan.

Advertisement

Sesampainya di Kota Tembilahan, ia masih harus berjibaku menyusuri sungai dengan perahu kayu menuju 20 desa penerima paket bantuan yang terpencar di sejumlah pulau. Sepuluh desa diantaranya terletak di Kecamatan Plangeran dan Teluk Belengkong yang jaraknya 160 kilometer yang hanya dapat ditempuh dengan perahu kayu.

Melalui waktu perjalanan selama 20 jam, perahu yang membawa 10 ton paket bantuan itu sempat tersangkut jembatan akibat besarnya air pasang. Para awak pun sempat bermalam bersama menunggu air sungai surut di tengah heningnya Sungai Indragiri.

Namun, letih terbayar dengan senyuman yang menyambut Biwi Suwito dari kejauhan saat tiba di lokasi tujuan. Senyuman dan lambaian tangan warga yang ditujukan kepadanya seolah menjadi penawar lelah usai menempuh perjalanan panjang.

"Pengiriman paket bantuan ini mengajarkan saya banyak hal, terutama merasa bersyukur karena bisa bermanfaat bagi orang lain,” ujar Biwi Suwito.

Biwi Suwito merupakan satu dari sekian banyak pihak yang turut serta mengantarkan paket bantuan yang ditujukan bagi warga kurang mampu yang terdampak pandemi ini diharapkan dapat membantu mereka untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari selama beberapa waktu ke depan.

“Secara bertahap Astra akan mendistribusikan bantuan ke 34 provinsi di seluruh Indonesia. Astra senantiasa bersama masyarakat, tenaga kesehatan, dan pemerintah dalam menghadapi dampak dari pandemi COVID-19,” ujar Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

101.166 Pesan #SemangatSalingBantu

Hingga penutupan pada 7 September 2021, aktivasi di media sosial gerakan #SemangatSalingBantu berhasil mengumpulkan 101.166 unggahan pesan dari berbagai kalangan mulai dari publik figur, tenaga kesehatan, dan masyarakat luas.

Tak sedikit yang berfoto dengan memamerkan pesan semangat di atas secarik kertas untuk mereka yang bertugas di garda terdepan penanganan pandemi COVID-19 sekaligus mengajak masyarakat lainnya untuk turut serta dalam gerakan #SemangatSalingBantu. Salah satu contoh pesan #SemangatSalingBantu yang menarik diunggah oleh publik figur Gritte Agatha dengan isi pesannya adalah “Semangat buat temen-temen yang sekarang lagi  berjuang untuk bertahan di tengah situasi yang sulit ini. Temen-temen kita tidak boleh menyerah #SemangatSalingBantu.”

Dari 101.166 unggahan pesan tersebut, Astra melalui Nurani Astra telah mengonversi menjadi 101.166 paket bantuan berupa makanan siap saji atau bahan pokok makanan yang telah didistribusikan secara bertahap ke berbagai wilayah di Indonesia. Adapun daerah yang telah dijangkau bantuan Semangat Saling Bantu antara lain Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Sumatra Selatan, Sumatra

Barat. Sumatra Utara, dan berbagai wilayah lain di seluruh Indonesia.

Selain itu, bekerjasama dengan Halodoc, Astra menyediakan 7.600 kupon berupa voucher Halofit (Rp100.000) & GoFood (Rp200.000) untuk masyarakat yang terkonfirmasi positif COVID-19. Mereka yang membutuhkan berhak mendapatkannya dengan mengunggah hasil PCR positifnya melalui tautan dari aplikasi Halodoc.

Berbagai bantuan tersebut merupakan rangkaian dari hasil konversi aktivasi Gerakan #SemangatSalingBantu di media sosial yang diluncurkan Astra sejak 2 Agustus 2021 seiring dengan peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Setiap satu konten yang diunggah di media sosial dengan tagar #SemangatSalingBantu dan mention salah satu akun @satu_indonesia di Instagram, atau TikTok atau Twitter, atau Semangat Astra Terpadu di Facebook sesuai syarat dan ketentuan dikonversi oleh Astra menjadi satu paket bantuan berupa bahan makanan pokok bagi kebutuhan pasien COVID19 dan masyarakat yang terdampak pandemi.

Penyerahan paket bantuan ini melibatkan Grup Astra melalui 31 Koordinator Wilayah Grup Astra dan berbagai Komunitas Astra yang terdiri dari penggerak Kampung Berseri Astra dan Desa Sejahtera Astra, penerima apresiasi SATU Indonesia Awards serta Yayasan Amaliah Astra.

Semangat Astra dalam turut mendukung mewujudkan Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh melalui gerakan #SemangatSalingBantu adalah sejalan dengan Sustainable Development Goals dan cita-cita Astra untuk Sejahtera Bersama Bangsa. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pertobatan Ekologis dan Persoalan Sampah Jadi Topik Peragaan Jalan Salib di Gereja Ini

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement