GoTo Ajak Masyarakat Jadikan UMKM Lokal Sebagai Pilihan Utama

GoTo Ajak Masyarakat Jadikan UMKM Lokal Sebagai Pilihan UtamaGoTo, grup teknologi terbesar di Indonesia yang menaungi Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial, memperkokoh komitmennya mendorong UMKM. - Ist
30 September 2021 17:57 WIB Herlambang Jati Kusumo Ekbis Share :

Harianjogja.com, SOLO-- GoTo, grup teknologi terbesar di Indonesia yang menaungi Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial, memperkokoh komitmennya mendorong UMKM agar semakin berdaya dan berjaya lewat gerakan #BangkitBersama. Gerakan yang dimulai dari daerah ini terdiri dari inisiatif lengkap dan holistik supaya produk UMKM menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia.

Inisiatif holistik ini melibatkan UMKM, konsumen, dan mitra driver agar tercipta hubungan yang saling menguntungkan. GoTo sendiri telah menjadi pilihan para pelaku UMKM untuk go-digital dengan lebih dari 4 juta UMKM baru yang bergabung di Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial selama pandemi.

Sebagai ekosistem karya anak bangsa yang berpihak pada UMKM lokal, lewat #BangkitBersama GoTo menghadirkan berbagai inisiatif untuk membantu UMKM beradaptasi dan tumbuh di tengah pandemi, mendorong daya beli konsumen pada produk lokal, hingga membantu mitra driver tetap produktif, sehat, dan aman.

Baca juga: Bulog Ditugaskan Pasok 30.000 Ton Jagung Pakan untuk Peternak Rakyat

Enam inisiatif utama dalam #BangkitBersama meliputi Inisiatif Hyperlocal Memaksimalkan Eksposur UMKM, Pemberdayaan UMKM dorong pembukaan lapangan kerja, kemudian dukung kesehatan dan keamanan untuk mitra driver. Lalu, dukung kesehatan dan keamanan untuk mitra driver.

Selain itu juga tingkatkan skala bisnis penjual dengan Toko Cabang, inisiatif CSR untuk masyarakat, dan dukung penanganan Covid-19 agar kembali beraktivitas normal. CEO Grup GoTo dan CEO GoTo Financial, Andre Sulistyo mengatakan dengan semangat kolaborasi dan resiliensi, GoTo berusaha berkontribusi untuk pemulihan ekonomi dan inilah yang menjadi alasan lahirnya bangkit bersama.

“Kami lihat digitalisasi punya peran penting mengubah usaha offline yang tidak bisa buka karena pandemi bisa dijembatani. GoTo ingin terus berkontribusi supaya UMKM bisa tetap berjualan, bisa membantu operasional dan pengelolaan. Kami ingin terus berinovasi supaya bisa jadi jembatan. Inisiatif Bangkit Bersama kami susun supaya juga fokus di daerah agar lebih banyak UMKM bisa masuk ke ekosistem,” ujar Andre, dalam rilis, Kamis (30/9/2021).

Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Muhammad Lutfi mengatakan gerakan dan ajakan GoTo untuk #BangkitBersama ini perlu menjadi manifesto bersama dalam mendorong tumbuhnya ekonomi nasional, yang dimulai dari daerah-daerah.

“Terlebih di tengah upaya pemulihan ekonomi nasional saat ini, sangat penting untuk kita tingkatkan daya saing pelaku usaha dalam negeri, termasuk UMKM lokal lewat solusi yang komprehensif. Tentunya langkah ini sejalan dengan inisiatif Pemerintah dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, agar produk UMKM kita dapat memenangkan hati masyarakat,” ujar Lutfi. (ADV)